Temuan Siswa Positif Saat PTM, Bupati Sleman Ingatkan Prokes di Rumah 

Ilustrasi. - Freepik
23 Oktober 2021 19:37 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Seorang siswa SMPN 2 Pakem diketahui positif Covid-19 melaui tes acak sekolah yang melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM). Saat ini, sekolah tersebut ditutup untuk sementara waktu.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo meminta masyarakat jangan tidak dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Kasus tersebut, katanya, sudah ditangani Dinas Kesehatan Sleman, Dinas Pendidikan Sleman, dan pemangku kepentingan setempat. "Intinya orang tua dan siswa tidak perlu panik," ungkap Kustini, Sabtu (23/10/2021).

Dari hasil tracing, anak tersebut diketahui tertular Covid-19 dari orang tuanya saat di rumah. Kustini mengingatkan pada para orang tua untuk memastikan protokol kesehatan di dalam rumah. "Percuma juga kalau di sekolah sudah prokes tapi di rumah prokesnya kendor," kata Kustini.

Pemkab memastikan PTM di sekolah lain tetap berjalan seperti biasanya. Pemkab Sleman juga akan melakukan swab sampling lanjutan untuk memastikan tidak ada penyebaran virus.

Hasil uji swab antigen yang dilakukan Dinkes secara acak kepada warga sekolah di tiga kapanewon, Kamis (22/10/2021) lal menemukan tiga siswa yang reaktif. Sesuai ketentuan, ketiga siswa tersebut pun melanjutkan uji swab PCR. 

"Dari uji swab PCR ini, hanya satu siswa yang positif Covid-19 dan dua siswa lainnya negatif," kata Kepala Dinkes Sleman Cahya Purnama saat dikonfirmasi Harian Jogja, Jumat (22/10/2021).