Bandiklat DIY Gelar Audit Eksternal

Pembukaan Audit Eksternal Sistem Manajemen Mutu ISO 9001-2015 oleh Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta Bapak Drs. YB. Jarot Budi Harjo. - Istimewa
29 Oktober 2021 14:57 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA -- Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta pada hari Rabu (28/10) telah melaksanakan Audit Eksternal Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015. Kegiatan Audit Eksternal dilaksanakan oleh Badan Sertifikasi Worldwide Quality Assurance (WQA). Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan Badan Pedidikan dan Pelatihan DIY mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001-2015, dan layak mendapatkan sertifikat ISO.

Ketua Tim Auditor Eksternal Bapak A. Setyahadi menyampaikan bahwa metode audit eksternal ini adalah interview, observasi, verifikasi, sampling, dan demonstrating yang dalam hal ini dilakukan secara daring. Dari audit ini akan dapat ditemukan dua kategori temuan yaitu temuan Minor, dan temuan Mayor.

Audit Eksternal Sistem Manajemen Mutu ISO 9001-2015 ini dilakukan oleh dua Auditor yaitu Bapak Yayak A Setyahadi & Bapak Ayub Hendra Ufika kepada 12 unit kerja yang ada di Badan Pendidikan dan Pelatihan DIY, yaitu Widyaiswara, Subbag Umum, Subbag Keuangan, Subbag Program, Subbid Standarisasi dan Pengembangan Kediklatan, Subbid Penjaminan Mutu dan Inovasi, Subbid Pelatihan Teknis, Subbid Pelatihan Fungsional, Subbid Pelatihan Jabatan Pimpinan Tinggi dan Administrator, Subbid Pelatihan Jabatan Pengawas dan Latsar, Subbid Kerjasama dan Kemitraan, dan Subbid Perpustakaan.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan DIYBapak Drs. YB. Jarot Budi Harjo  di ruangan Bodronoyo Badan Pendidikan dan Pelatihan DIY. Dalam sambutannya, Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan DIY menyatakan bahwa saat ini ekspetasi para pemangku kepentingan terhadap birokrasi pemerintah sangatlah tinggi, yakni terwujudnya birokrasi kelas dunia yang mempunyai ciri bersih, akuntabel, efektif, efisien, dan profesional melayani. Dalam rangka mewujudkan birokrasi berkelas dunia, di mana Bandiklat berperan dalam mengembangkan kompetensi ASN, ke arah birokrasi kelas dunia, maka dibutuhkan alat yang salah satunya adalah Sistem Manajemen Mutu ISO 9001-2015. (ADV)