Advertisement

Koperasi-UKM Expo 2021: Awal Kebangkitan Pelaku Koperasi

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 30 Oktober 2021 - 21:37 WIB
Bhekti Suryani
Koperasi-UKM Expo 2021: Awal Kebangkitan Pelaku Koperasi Koperasi Serba Usaha (KSU) Swalokamengikuti kegiatan Koperasi-UKM Expo 2021 yang digelar Dinas Koperasi-UKM Sleman sejak 28-31 Oktober di Hartono Mall - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Tidak hanya pelaku UMKM, pelaku usaha yang bergerak di bidang koperasi juga merasakan manfaatnya mengikuti kegiatan Koperasi-UKM Expo 2021 yang digelar Dinas Koperasi-UKM Sleman. Gelaran yang dilaksanakan sejak 28-31 Oktober di Hartono Mall ini diisi dengan berbagai kegiatan.

Bendahara Koperasi Serba Usaha (KSU) Swaloka Sri Mirahsih mengatakan koperasi yang bergerak di bidang jasa khususnya pendidikan ini mengapresiasi kegiatan tersebut. Alasannya, sejak dua tahun terakhir aktivitas perekonomian termasuk koperasi juga terdampak pandemi Covid-19.

"Ya sejak dua tahun terakhir, kami, koperasi yang bergerak di bidang jasa pendidikan juga mengalami dampak dari pandemi," kata Mira kepada Harian Jogja, Sabtu (30/10).

Kehadiran Koperasi-UKM Expo 2021, lanjut Mira, memberi angin segar bagi KSU Swaloka untuk kembali bangkit. Mereka bergerak mempromosikan KSU Swaloka kepada masyarakat yang datang ke pameran. "Kami promosikan KSU Swaloka kepada masyarakat, pelajar dan orangtua yang datang ke mall. Alhamdulillah responnya bagus," katanya.

Beberapa pengunjung, lanjut Mira, masuk dalam daftar (listing) untuk mengikuti program pendidikan yang ditawarkan oleh KSU Swaloka. Koperasi ini menawarkan berbagai kursus (private) bahasa (Indonesia, Inggris, Jawa) baik online maupun offline. Selain itu, koperasi ini juga sedang merintis usaha di sektor kuliner yang baru dua tahun berjalan.

Pengunjung yang awalnya belum mengetahui, lanjut Mira, pada akhirnya mengetahui ada koperasi yang bergerak di bidang pendidikan dan berbeda dengan koperasi umumnya. Tidak hanya itu, selama pameran mereka juga memperluas jejaring dengan menjalin komunikasi dengan peserta lainnya. Baik pelaku UMKM maupun koperasi lainnya.

"Ini tentu menggembirakan bagi kami setelah dua tahun terdampak pandemi. KSU Swaloka ini berdiri sejak 1995 lalu dan beberapa kali menerima penghargaan baik di tingkat kabupaten maupun DIY. Kami satu-satunya koperasi di Sleman yang bergerak di bidang jasa pendidikan," katanya.

Duta Koperasi

Untuk lebih memasyarakatkan koperasi, pada even tersebut juga digelar pemilihan Duta Koperasi. Pemilihan ini menjadi yang pertama di DIY. Pemilihan Duta Koperasi ini melibatkan generasi muda yang kreatif dan energik agar keberadaan koperasi bisa semakin aplikatif menyambut Revoluasi Industri 4.0.

Kepala Bidang Koperasi, Dinkop-UKM Sleman Teguh Budiyanta mengatakan gerakan koperasi saat ini membutuhkan sosok-sosok yang memiliki ide-ide kreatif dan inovatif dari kalangan generasi muda. Keberadaan Duta Koperasi ini nanti berperan besar untuk ikut menyosialisasikan koperasi kepada masyarakat.

"Pemilihan Duta Koperasi ini diharapkan mampu memotivasi masyarakat koperasi di Sleman agar mampu mengembangkan usahanya secara lebih mandiri. Duta Koperasi juga akan menginformasikan program-program Dinas agar bisa lebih dipahami masyarakat," katanya.

Pemilihan Duta Koperasi 2021 ini, katanya, melalui proses seleksi ketat. Mulai verifikasi administrasi dengan 25 peserta yang lolos, kemudian tes tulis dan wawancara untuk menyaring hingga 15 peserta hingga puncak acara malam unjuk bakat yang digelar pada Jumat (29/10/2021) malam.

Duta Koperasi yang terpilih akan menjalankan tugasnya selama satu tahun ke depan. Mereka akan dilibatkan dalam berbagai kegiatan perkoperasian seperti sosialisasi, pameran, penyebaran informasi kepada masyarakat, penyuluhan, dan aktif dalam kegiatan-kegiatan perkoperasian lainnya.

"Kami yakin dengan kemampuan yang dimiliki generasi muda saat ini, gerakan koperasi akan semakin berkembang. Apalagi mereka merupakan aset terbesar bangsa Indonesia dalam kaitannya dengan bonus demografi," katanya. (Abdul Hamid Razak)

Koperasi Serba Usaha (KSU) Swaloka mengikuti kegiatan Koperasi-UKM Expo 2021 yang digelar Dinas Koperasi-UKM Sleman sejak 28-31 Oktober di Hartono Mall

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Raja Charles III Kembali Jalani Tugas Setelah Pengobatan Kanker

News
| Sabtu, 27 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement