SAR Satlinmas I DIY Kini Punya Jetski untuk Awasi Pantai Wediombo

Sejumlah pengunjung bermain di kawasan Pantai Wediombo, Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gununkidul, Selasa (11/6/2019). - Istimewa/Dokumen SAR Satlinmas Wilayah I DIY
09 November 2021 16:37 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—SAR Satlinmas Wilayah I DIY mendapatkan bantuan satu jetski, satu kapal jukung, dan satu mobil jenazah dari Pemerintah DIY. Bantuan operasional itu untuk menambah kemampuan menjaga kawasan pantai.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah I DIY, Sunu Handoko, mengaku senang dengan bantuan operasional dari Pemerintah DIY berupa jetski, kapal jukung, dan mobil jenazah. Sarana prasana tambahan ini bermanfaat untuk mendukung operasi di tim SAR I.

BACA JUGA: Polisi Buru Dalang Pencurian Buku Nikah

Menurut dia, bantuan sudah diajukan sejak 2020 dan baru terealisasi di tahun ini. “Kami berterima kasih karena sebelumnya hanya memiliki satu kapal jukung untuk operasi dan selebihnya meminta bantuan ke nelayan. Tapi sekarang dengan tambahan fasilitas, pengawasan bisa lebih maksimal,” katanya kepada wartawan, Selasa (9/11/2021).

Rencananya, jetski akan disiagakan di Pantai Wediombo di Kalurahan Jepitu. Kapal jukung akan ditempatkan di Pantai Siung di Kalurahan Purwodadi, Tepus. “Satu kapal jukung yang sudah ada akan kami tempatkan di Pantai Nampu di Kalurahan Jepitu,” katanya.

Sunu mengatakan belum lama ini anggota SAR mendapat pelatihan menggunakan jetski. “Banyak anggota yang bisa mengoperasikan, jadi tidak ada masalah dan siap digunakan untuk evakuasi korban laka laut,” katanya.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II DIY, Marjono, mengatakan jawatannya mendapat bantuan satu unit kapal jukung yang akan membantu operasi di kawasan Pantai Baron dan sekitarnya.

Kini, SAR Satlinmas Wilayah II memiliki tiga kapal jukung, satu jetski, dan tiga ambulans. “Kami berharap ada tambahan lagi dan rencananya di 2022 mengajukan bantuan jetski ke Pemerintah DIY,” katanya.