Kandang Ludes Terbakar, Belasan Ribu Ayam Mati Terpanggang

Petugas damkar dan petugas PMI Kulonprogo saat berusaha memadamkan kebakaran yang terjadi di sebuah kandang ayam yang berada di di dusun Sadang, kalurahan Tanjungharjo, kapanewon Nanggulan, Kulonprogo, pada Selasa (9/11/2021) malam. - Ist.
09 November 2021 11:47 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, NANGGULAN--Belasan ribu ayam mati karena dilalap si jago merah pada Selasa (9/11/2021). Kebakaran terjadi di sebuah kandang yang berada di dusun Sadang, kalurahan Tanjungharjo, kapanewon Nanggulan, Kulonprogo, pada Selasa (9/11/2021) dinihari. Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan polisi.

Kasi Humas Polres Kulonprogo, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana, mengatakan kejadian kebakaran terjadi pada Selasa (9/11/2021) sekitar pukul 00.30 WIB. Pemilik dari kandang ayam bernama Giman, 53, warga dusun Sadang kalurahan Tanjungharjo, kapanewon Nanggulan, Kulonprogo.

BACA JUGA : Kebakaran Rumah Makan di Jakal Km. 6 Sebabkan Kerugian

"Akibat dari kejadian kebakaran tersebut korban mengalami kerugian sekitar Rp535 juta. Sedangkan, total ayam yang mati karena dilalap si jago merah jumlahnya sekitar 12.000 ekor. Harga ayam yang mati ditaksir mencapai Rp90 juta," kata Jeffry pada Selasa (9/11/2021).

Dikatakan Jeffry, tidak hanya belasan ribu ayam yang mati karena dilalap di jago merah. Namun, 100 sak pakan ayam yang nilainya mencapai Rp43,5 juta dan kandang ayam yang ditaksir nilainya mencapai Rp400 juta menjadi kerugian yang harus ditanggung oleh korban.

"Ukuran kandang ayam 54 x 10 meter persegi dengan bahan bangunan tiang terbuat dari cor dan dinding dari bambu. Kebakaran melanda seluruh bagian dari kandang ayam. Posisi kandang ayam berada di sekitar 20 meter dari rumah korban," terang Jeffry.

Awal mula kejadian kebakaran diketahui berasal dari salah seorang warga yang mendapati si jago merah telah melalap kandang milik Giman. Korban seketika diberitahu oleh seorang warga yang mengetahui kejadian kebakaran tersebut. Saksi maupun korban kemudian bergegas menuju kandang.

"Saat kembali ke kandang, api membesar membuat belasan ribu ayam, pakan ayam, serta kandang yang bernilai ratusan juta rupiah ludes dilalap api. Polisi yang datang ke lokasi pasca kejadian kebakaran telah melaksanakan olah TKP. Di sekitar kandang juga telah dipasang garis polisi," ungkap Jeffry.

BACA JUGA : Tempat Penggergajian Kayu di Godean Terbakar 

Jeffry menegaskan jajaran Polres Kulonprogo saat ini tengah melakukan penyelidikan terkait dengan kebakaran kandang yang terjadi di kapanewon Nanggulan, Kulonprogo, pada Selasa (9/11/2021) malam.

"Untuk mencari penyebab kebakaran serta adanya potensi pelaku dibalik peristiwa kebakaran tersebut tergantung dari penyelidikan yang dilakukan oleh polisi," ujar Jeffry.