15 Negara Asia Pasifik Hadir di Jogja-Netpac Asian Film Festival 2021

Foto ilustrasi perfilman - ist
18 November 2021 19:27 WIB Yosef Leon Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) 2021 yang ke-16 akan kembali menyapa para pecinta sinema pada 27 November hingga 4 Desember 2021 mendatang. JAFF 2021 nantinya akan digelar secara hybrid yakni luring dan daring yang mengangkat tema Tenacity.

Tenacity bermakna semangat kegigihan untuk terus bergerak dalam kondisi apapun. Tema ini berlatar belakangan kondisi pandemi yang mengharuskan setiap orang membatasi kegiatannya dan harus beradaptasi dengan keadaan.

Pendiri JAFF, Garin Nugroho menyatakan, JAFF mampu menggerakkan anak-anak muda yang gigih bergerilya meniti dirinya di dunia film, menggerakkan sebuah kota menjadi oasis kegigihan para gerilyawan film yang bekerja dengan cara masing-masing.

"JAFF juga menggerakkan anak-anak muda dengan beragam akses informasi dunia film lokal dan internasional dengan terbuka," ujarnya dalam keterangan tertulis Kamis (18/11/2021).

Baca Juga: Indonesia Negara Berkembang Pertama yang Menjadi Presidensi G20

Pada penyelenggaraan yang ke-16 ini, JAFF akan digelar luring di bioskop Empire XXI Jogja. Penyelenggara juga bekerja sama dengan Klik Film dan menyelenggarakan program pemutaran film dan diskusi secara daring.

Sedikitnya 115 film, 46 film panjang dan 69 film pendek, yang berasal dari berbagai negara di Asia Pasifik hadir dalam gelaran ini. Sebanyak 15 negara Asia Pasifik juga ikut berpartisipasi dalam agenda tahunan tersebut.

Adapun, sejumlah film itu dibagi ke dalam berbagai program yakni Main Competition, Light of Asia, Indonesian Screen Awards (JAFF-ISA), Asian Perspective, Indonesia Film Showcase, Community screen dan program retrospective: Gunawan Maryanto.

JAFF 2021 nantinya juga akan menghadirkan program Masterclass dengan mempertemukan sutradara peraih penghargaan tertinggi di Toronto International Film festival 2021, Kamila Andini, dengan sutradara pemenang Jury Prize Cannes 2021, Apicatphong Weerasethakul.(*)