1.457 Peserta Seleksi CPNS Kota Jogja Lolos ke Tahap SKB

Ilustari pendafataran CPNS online. - menpan.go.id
24 November 2021 21:57 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, UMBULHARJO--Sejumlah 1.457 peserta akan mengikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja tahun 2021. Pada tahap ini, akan tersaring peserta untuk mengisi 546 formasi CPNS. Adapun waktu pelaksanaan SKB pada 3- 6 Desember 2021 di Gelanggang Olahraga (GOR) Amongrogo.

Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Jogja, Gunawan Adhi Putra mengatakan apabila total peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Pemkot Jogja tahun 2021 sejumlah 19.127 orang.

BACA JUGA : CPNS 2021: Ratusan Pelamar Tak Lolos SKD

“Peserta yang berhak mengikuti tes SKB diambil sebanyak tiga kali dari kebutuhan tiap formasi. Secara teknis aturan dan protokol kesehatan (prokes) pelaksanaan tes SKB sama dengan saat tes SKD,” kata Gunawan, Selasa (23/11).

Tes SKB menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara. Ada tiga sesi pelaksanaan tes SKB setiap harinya, dengan jumlah sekitar 150 peserta tiap sesi. Namun untuk hari Jumat, hanya ada dua sesi dan hari terakhir satu sesi. Dalam tes SKB ini, peserta yang positif Covid-19 tetap bisa mengikuti tes di hari sesuai jadwal dengan prokes ketat.

Peserta yang positif Covid-19 dan menjalani isolasi wajib melaporkan maksimal H-1 pelaksanaan seleksi kepada Panitia Seleksi. Peserta tersebut perlu menunjukan bukti surat rekomendasi dokter dan atau hasil swab Antigen atau swab PCR dan keterangan menjalani isolasi dari pejabat yang berwenang melalui. Peserta positif Covid-19 akan ditempatkan pada ruang khusus dan terpisah dengan peserta lain yang tidak positif.

“Sejak yang bersangkutan mulai datang sampai mengikuti tes SKB prokesnya berbeda dengan peserta lain. Ada ruang khusus untuk peserta positif Covid-19 dan petugas khusus yang mengurus administrasinya. Tidak campur dengan jalur peserta yang tidak positif Covid-19 sehingga peserta lain tidak perlu khawatir,” kata Gunawan.

Terkait jadwal SKB CPNS tahun 2021, peserta bisa melihat di laman https://bkpp.jogjakota.go.id. Adapula kisi- kisi materi SKB sudah diterbitkan melalui Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor : B/1625/M.SM.01.00/2021 dan sudah diunggah di web BKPSDM Pemkot Jogja.

BACA JUGA : Tak Hadir di SKD, Puluhan CPNS di Bantul Gugur

“Kami harap peserta menjaga kesehatan dan menerapkan prokes sehingga bisa mengikuti ujian SKB. Semua persyaratan prokes saat pelaksanaan SKB seperti memakai dobel masker, face shield dan sarung tangan agar ditaati. Itu untuk keselamatan semua karena bertemu banyak orang,” kata Gunawan.

Sebagai pengingat, Gunawan mengimbau peserta ujian tidak perlu mempercayai pihak yang menjanjikan kelulusan SKB. Hal itu merupakan penipuan. Selain itu, tidak boleh pula curang selama tes, karena peserta akan digugurkan.