Vaksinasi Digelar di Balai RK Cokrodiningratan

Vaksinasi di di Balai RK Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta, Rabu (1/12/2021). - Ist.
01 Desember 2021 22:17 WIB Herlambang Jati Kusumo Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Sebanyak 100 warga mengikuti vaksinasi di di Balai RK Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta, Rabu (1/12/2021). Vaksinasi yang di gelar Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) DIY itu untuk mengejar target herd immunity di wilayah DIY.

Sasaran vaksinasi adalah warga Cokrodiningratan dan sekitarnya yang belum divaksin, dengan prioritas warga difabel dan lanjut usia. Koordinator Vaksinasi Binda DIY AKBP Sugiyono menjelaskan, mewujudkan herd immunity menjadi konsen lembaganya dalam rangka menjalankan instruksi Presiden RI dan Kepala BIN. Apalagi gelombang ketiga covid-19 ini berpotensi terjadi di akhir tahun 2021 sehingga percepatan vaksinasi terus dilakukan untuk mencegah penularan covid-19 secara masif.

BACA JUGA : Target 100 Persen Vaksinasi Covid-19 pada Akhir Tahun di Kulonprogo Sulit Tercapai

“Untuk menyisir warga yang belum divaksin, vaksinasi kali ini digelar di tengah perkampungan Cokrodingratan, Jetis, Kota Jogja. Ini bertujuan untuk mendekatkan sekaligus memudahkan warga untuk mengakses vaksin covid-19,” katanya dalam rilisnya.

Ia menambahkan, vaksinasi di Balai RK Cokrodiningratan yang melibatkan tujuh orang vaksinator dari Poltekkes Kementerian Kesehatan. Adapun warga yang mengikuti dari berbagai usia dan profesi. Tercatat ada 100 orang warga yang berhasil divaksin dan didominasi oleh warga lanjut usia.

Dalam kesempatan itu sejumlah warga lanjut usia harus dituntun oleh keluarganya untuk mendatangi kegiatan vaksinasi di Balai RK Cokrodingingratan. Salah satu warga lanjut usia yang mengikuti vaksinasi, Paryanto mengaku senang berhasil divaksin covid-19. Ia mengaku untuk mendatangi kegiatan vaksinasi di tempat yang jauh menjadi kendala utama, sehingga dengan kegiatan vaksinasi di kampung ini memudahkan untuk mengikuti vaksinasi.