Advertisement

PFI Jogja Pamerkan Potret Pageblug di Bentara Budaya

Yosef Leon
Selasa, 07 Desember 2021 - 15:07 WIB
Sunartono
PFI Jogja Pamerkan Potret Pageblug di Bentara Budaya Suasana pameran foto jurnalistik bertema Pagebluk yang digelar PFI Jogja di Bentara Budaya 6-18 Desember 2021. - Dok. PFI Jogja.

Advertisement

Harianjogja.com, GONDOKUSUMAN - Pewarta Foto Indonesia (PFI) Jogja memamerkan ratusan hasil karya foto jurnalistik selama masa pandemi dalam pameran bertajuk 'Pageblug' yang digelar di Bentara Budaya 6-18 Desember 2021. Pameran ini diselenggarakan khusus untuk menghormati para sukarelawan dan tenaga kesehatan yang gugur akibat pandemi.

Ketua panitia pameran Pagebluk, Rahman mengatakan, ada 24 pewarta foto yang bekerja untuk kantor media lokal, nasional dan internasional yang ikut berpartisipasi dalam pameran itu. Sebanyak 144 karya yang disuguhkan terdiri dari foto lepas (Singel Photo) dan foto cerita atau (Story Photo) dalam format foto berwarna dan hitam putih.

Advertisement

BACA JUGA : Melewati Masa Pagebluk Bersama Semar Boyong 

"Memang teman-teman banyak mengalami kendala, mulai dari tidak mendapat izin meliput hingga kucing-kucingan saat di lapangan. Ya, itu malah jadi cerita unik bagi kami dan hasilnya bisa dilihat pada pameran ini," jelasnya, Selasa (7/12/2021).

Periode meliput di masa pandemi Covid-19 juga membutuhkan waktu, fokus dan kewaspadaan yang ekstra. Risiko penularan bisa saja dimungkinkan setiap terjun ke lapangan. "Kami mengerti risiko yang akan dialami saat peliputan namun kami juga dibekali pengetahauan terkait prosedur peliputan dan prokes," ujarnya.  

Ketua PFI Jogja, Oka Hamied mengungkap, pameran ini juga digelar dengan maksud untuk mengingatkan bahwa pandemi telah merengut ribuan nyawa dan membuat dampak yang serius. "Ke depan kita tidak akan menjadi longkro tapi lebih semangat lagi menghadapi rutinitas kehidupan pada masa tatanan baru ini," katanya.

"Ini juga bentuk tanggung jawab kami, menyampaikan apa adanya peristiwa tanpa rekayasa. Pameran ini juga dapat menjadi bagian dari kontrol kepada pemerintah," sambung Oka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat Ikuti Pelatihan di di Australia

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement