Program kampus Mengajar, Mahasiswa UAD Berkesempatan Pengembangan Diri

Kegiatan workshop pembuatan video pembelajaran melalui aplikasi KineMaster yang digelar di SDN 11 Sungai Rumbai, Kecamatan Sungai Rumbai, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatra Barat, Jumat (11/11/2021). - Istimewa
07 Desember 2021 22:12 WIB Media Digital Bantul Share :

BANTUL—Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kembali mengirimkan mahasiswanya dalam program Kampus Mengajar 2 yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. Kali ini, mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Program Studi Teknik Informatika 2018, Febi Ganda Putra, berkesempatan mengikuti program di salah satu sekolah sasaran yakni SDN 11 Sungai Rumbai, Kecamatan Sungai Rumbai, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatra Barat.

Dalam program yang diikuti lebih dari 20.000 mahasiswa dari berbagai Universitas di Indonesia, Febi berkesempatan mengikuti program yang berfokus pada peningkatan literasi, numerasi, adaptasi teknologi dan administrasi di sekolah sasaran.

Program Kampus Mengajar 2 dimulai dengan pembekalan yang digelar 23 hingga 30 September 2021, kemudian pada 1 Agustus 2021, mahasiswa melaporkan diri ke Dinas Pendidikan di masing-masing wilayah penugasan. Selanjutnya, mereka melaksanakan program selama lima bulan terhitung mulai 3 Agustus hingga 17 Desember 2021.

“Dalam kegiatan Kampus Mengajar ini kami didampingi dosen pembimbing lapangan (DPL) yang telah ditunjuk oleh Kemendikbud yaitu Oknaryana, dosen Universitas Negeri Padang (UNP), dan untuk membantu dalam hal rekognisi KKN UAD dibantu oleh dosen pembimbing KKN dari UAD yaitu Iis Wahyuningsih dengan seorang guru pamong dari sekolah yaitu Syamsu Rijal,” kata Febi Ganda seperti dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Selasa (7/12/2021).

Menurut Febi, salah satu bentuk program peningkatan adaptasi teknologi di sekolah sasaran yakni workshop pembuatan video pembelajaran melalui aplikasi KineMaster. Kegiatan ini dilaksanakan Jumat (11/11). Workshop diikuti guru sekolah sasaran dan sejumlah guru TK yang berdekatan dengan lingkungan SDN 11 Sungai Rumbai. “Kegiatan ini bertujuan agar guru dapat menerapkan metode pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa karena tidak monoton dengan metode belajar mendengarkan penjelasan dari guru, tetapi bisa melalui media pembelajaran berupa video, audio dan tampilan yang menarik sehingga mampu meningkatkan motivasi siswa saat belajar di kelas,” kata Febi.

Dijelaskan Febi, melalui program Kampus Mengajar ini banyak sekali manfaat yang dirasakan seperti peningkatan softskill dan hardskill mahasiswa. “Saya bukan mahasiswa dari jurusan pendidikan, sehingga dapat merasakan bagaimana pengalaman bertemu dengan guru, siswa, wali murid, dan teman-teman yang berasal dari perguruan tinggi lain. Ini pengalaman yang luar biasa,” katanya. Secara keseluruhan, program ini dapat menjadi media mahasiswa dalam mengembangkan diri karena mahasiswa dapat belajar dari masyarakat, sedangkan masyarakat juga belajar dari mahasiswa. (*)