Prediksi Cuaca dari BMKG saat Libur Natal dan Tahun Baru di Jogja

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
23 Desember 2021 23:57 WIB Lugas Subarkah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN-Menjelang Natal dan pergantian tahun, DIY masih berada pada musim penghujan, sehingga potensi hujan dan cuaca ekstrem masih bisa terjadi. Masyarakat diminta tetap waspada pada dampak yang bisa ditimbulkan dari cuaca ekstrem.

Kepala Kelompok Analisa dan Prakiraan Cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta, Sigit Hadi Prakosa, menjelaskan cuaca wilayah DIY pada akhir pekan ini berpotensi hujan sedang hingga lebat.

Untuk Jumat (24/12/2021) cuaca di DIY diprediksi berawan hingga hujan ringan. “Prakiraan cuaca pada 25 dan 26 Desember, DIY berpotensi diguyur hujan sedang hingga lebat, terutama di wilayah DIY bagian utara dan tengah serta bagian barat,” ujarnya, Kamis (23/12/2021).

Pada prospek cuaca mingguan, kondisi cuaca selama periode 24-30 Desember secara umum diprakirakan beberapa wilayah akan terdampak bencana hidrometeorologi termasuk DIY.

BACA JUGA: 6 Objek Wisata Terdekat di Jogja untuk Liburan

Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem seperti puting beliung, hujan lebat disertai kilat atau petir, dan hujan es. Dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.