Belasan Pedagang Daging di Jogja Tak Tertib Izin

Petugas gabungan dari Pemerintah Kota Jogja saat operasi di Pasar Beringharjo, Jumat (24/12/2021). - Harian Jogja - Ist
27 Desember 2021 13:07 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Sedikitnya 16 pedagang daging di Kota Jogja tidak tertib izin. Pedagang itu diketahui berjualan di Pasar Beringharjo, Kranggan, Sentul, dan Kotagede.

Belasan pedagang tak tertib izin itu didapat saat digelar operasi gabungan dari Dinas Pertanian dan Pangan (DPP), Dinas Perdagangan, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Jogja.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan DPP Kota Jogja, Imam Nurwahid, menuturkan temuan dalam operasi terkait ketertiban dan kelengkapan surat perizinan pedagang daging.

Beberapa perizinan yang perlu dimiliki pedagang daging seperti surat her keuring dan surat kesehatan hewan dari daerah asal. Surat ini untuk memastikan mutu dan kualitas serta keamanan daging yang akan dijual.

Sebanyak 16 pedagang mendapat pembinaan langsung di tempat. Selain itu, petugas Satpol PP juga memanggil khusus lima pedagang daging lainnya. “Panggilan ini masih terkait dengan perizinan penjualan daging. Dimungkinkan karena ada unsur kesengajaan dan ada tindakan berulang maka harus dilakukan tindakan lebih tegas," kata Imam dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (25/12/2021).