Wali Kota Ingatkan Wisata Sepeda di Jogja Harus Patuh Tatib Lalu Lintas

Ilustrasi. - Freepik
08 Januari 2022 17:47 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti mengingatkan agar para pelaku wisata bersepeda di Kota Jogja harus memperhatikan saling berbagi jalan dan mematuhi tata tertib lalu lintas. Wisata bersepeda di Kota Jogja saat ini terus meningkat dengan mengunjungi sejumlah kampung wisata.

Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti menjelaskan wisata bersepeda menjadi salah satu cara untuk menikmati Kota Jogja. Kegiatan bersepeda dinilai sangat relevan di tengah pandemi, sehingga masyarakat diharapkan mendapatkan manfaat kesehatan.

"Maka saya menyambut baik kegiatan seperti kumpul alumni seperti SMA 3 ini, kalau tidak jalan kaki ya bersepeda, jalan sehat, sepeda gembira dan sejenisnya. Saat ini tren wisata bersepeda di Kota Jogja terus meningkat," kata Haryadi di sela-sela menghadiri Gowes bareng Padmanaba di SMA Negeri 3 Kota Jogja, Sabtu (8/1/2022).

BACA JUGA: 4 Cara Hilangkan Perut Buncit Seiring Bertambah Usia

Ia mengingatkan wisata bersepeda bukan sekedar berkeliling mengunjungi dari satu tempat ke tempat lain. Akan tetapi harus memakai konsep berbagi jalan, artinya kegiatan wisata bersepeda yang melintasi kawasan tertib lalu lintas harus mengikuti ketentuan di jalan. Haryadi meminta kepada semua yang melakukan wisata bersepeda agar selalu mematuhi tata tertib lalu lintas. Disarankan agar berjajar dengan baik dan pesepeda tidak memenuhi ruas jalan.

"Sehingga jangan sampai, wisata bersepeda lalu memenuhi jalan misalnya, menganggu arus lalu lintas, karena bersepeda lalu melanggar rambu-rambu, jangan sampai terjadi sehingga konsepnya harus share the road," ujarnya.

Alumni Padmanaba Trianto menilai sepeda saat ini menjadi salah satu alternatif wisata di tengah masyarakat. Terutama Kota Jogja yang memiliki banyak titik perkampungan yang bisa dikunjungi. Hanya saja, pemilik Jogja Bike ini menilai ada beberapa kampung yang masih perlu dikembangkan pengelolaannya agar menarik saat dikunjungi dengan bersepeda.

"Seperti Jogja Bike, sepeda di Malioboro peminatnya cukup banyak, dari hotel juga pemintaan pemakai sepeda meningkat tajam. Kalau di Malioboro bukan disewa untuk pergi yang jauh tetapi sekadar untuk foto-foto, kalau hotel untuk kebutuhan jarak jauh," ujarnya.