Nelayan Bantul Panen Bawal Putih, Harganya Tinggi Jelang Imlek

Ikan bawal laut hasil tangkapan nelayan saat dilelang di TPI Pantai Samas, Sabtu (8/1/2022). - Istimewa/Dokumen Nelayan Samas
10 Januari 2022 10:37 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Nelayan di pantai selatan Bantul bersemangat melaut seiring melimpahnya tangkapan ikan bawal putih. Menjelang Imlek atau Tahun Baru Cina pada Februari mendatang, ikan jenis ini harganya sangat tinggi.

Mugari, salah satu nelayan Pantai Samas mengatakan musim ikan bawal laut tidak hanya di Pantai Samas, tetapi hampir di seluruh perairan pantai selatan Jawa tengah masuk musim ikan bawal. Para nelayan pun bersemangat untuk melaut karena harga ikan bawal cukup mahal

“Bisa membawa empat ekor ikan bawal putih sudah lumayan. Saat ini ikan seberat delapan ons bisa laku Rp400.000,” kata Mugari, Sabtu (8/1/2022).

Menurut Mugari, ikan bawal putih biasanya diekspor. Untuk pembeli lokal jarang yang berani membeli karena harganya mahal. Nelayan Pantai Samas lainnya, Budi mengatakan musim ikan bawal laut mulai berlangsung dalam beberapa hari terakhir. Sebelumnya tangkapan nelayan hanya ikan yang harganya relatif murah. “Biasanya nelayan hanya mendapatkan layur,” ujar Budi.

Menurut Budi, menjelang Imlek harga ikan bawal laut cukup mahal, bahkan bisa sampai Rp400.000 per ekor. Pada pekan lalu, Budi mengaku mendapatkan 25 ekor bawal laut dan dijual di TPI Pantai Samas dengan harga Rp3,5 juta. “Musim ikan bawal laut ini yang selalu dinanti nelayan,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Tri Jarwanto. Pria yang sudah bertahun-tahun menjadi nelayan di Pantai Samas ini mengaku beruntung karena pada Sabtu memperoleh 17 ekor ikan bawal dan dijual seharga Rp3 juta. “Perolehan saya termasuk sedikit, karena ada nelayan lain yang mampu menangkap 60 ekor ikan untuk sekali melaut,” ujarnya.

Nelayan yang akrab disapa Gotre ini mengatakan musim bawal biasanya berlangsung Desember hingga Maret. Harga ikan bawal juga meningkat menjelang Imlek. Setelah Imlek, harga ikan ini turun menjadi Rp210.000 per kilogram.

Ia berharap musim bawal laut lancar sampai Maret. “Biasanya paling banyak pada Maret,” katanya. Ia tidak mengetahui pasti bawal laut setiap menjelang Imlek atau Tahun Baru Cina bisa mahal. Namun menurut informasi yang dia peroleh, warga Cina berani membayar harga bawal lebih tinggi karena dipercaya bisa memperlancar rezeki.