Advertisement

Innalillahi, Legenda Jadah Tempe Mbah Carik Meninggal Dunia

Abdul Hamied Razak
Selasa, 11 Januari 2022 - 20:32 WIB
Budi Cahyana
Innalillahi, Legenda Jadah Tempe Mbah Carik Meninggal Dunia Kabar duka dari legenda Jadah Tempe Mbah Carik. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Legenda Jadah Tempe Mbah Carik, Sudimah Wiro Sartono, meninggal dunia. Mbah Sudimah, sang legenda kuliner Jogja, meninggal dunia pada usia 92 tahun, Selasa (11/1/2022) pukul 18.00 WIB.

Kabar tersebut disampaikan salah seorang cucu almarhum, Angga Kusuma Arybowo kepada Harian Jogja. Menurut Angga, almarhumah meninggal dunia di kediamannya di wilayah Kaliurang Selatan RT 04 RW 13 Hargobinangun, Pakem. "Innalilllahi wainna ilaihi rooji'un, telah meninggal dunia dengan tenang sang legenda Jadah Tempe Mbah Carik, Mbah Sudimah Wiro Sartono," katanya.

Advertisement

BACA JUGA: Warung Pecel yang Dikenal Enak di Jogja & Bisa Jadi Referensi

Menurut Angga, jenazah almarhumah akan dimakamkan pada Rabu (12/1) pukul 11.00 WIB di TPU Mayang Sekar Kaliurang Timur. "Semoga amal ibadah diterima Allah SWT keluarga diberikan kesabaran dan ketabahan.. Aamiin," ujar Angga.

Kuliner Jogja Jadah Tempe Mbah Carik sudah melegenda. Panganan khas tradisional ini merupakan usaha keluarga yang berdiri sejak 1950-an. Pendirinya adalah Sastro Dinomo, salah seorang carik di Kaliurang. Konon, gelar Mbah Carik diberikan oleh Sultan Hamengku Buwono IX.

Usaha Jadah Tempe Mbah Carik ini terus berkembang hingga diteruskan oleh Mbah Sudimah Wiro Sartono yang juga bergelar Mbah Carik. Angga sendiri merupakan generasi keempat dari keluarga Mbah Carik yang melestarikan usaha Jadah Tempe Mbah Carik di Jalan Palagan.

"Kuliner Jogja [jadah tempe] ini harus terus dilestarikan [meski masa pandemi]. Itu misi saya, saya menyasar kalangan milenial yang melek teknologi. Tapi, kalau mau yang heritage (pelanggan) bisa ke outlet kami yang di Kaliurang," kata Angga kepada Harian Jogja, beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement