Advertisement

Baru Diresmikan, Jalan Perwakilan di Malioboro Sudah Rusak

Yosef Leon
Kamis, 13 Januari 2022 - 17:57 WIB
Bhekti Suryani
Baru Diresmikan, Jalan Perwakilan di Malioboro Sudah Rusak Sejumlah pekerja memperbaiki conblok batu granit yang rusak di Jalan Perwakilan kawasan Malioboro, Kamis (13/1/2022) - Dok. Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Komisi C DPRD Kota Jogja meminta antar organisasi perangkat daerah (OPD) di wilayah setempat untuk saling berkoordinasi. Hal ini menyusul ditemukannya fasilitas umum yakni Jalan Perwakilan di kawasan Malioboro yang baru saja dibangun telah mengalami sejumlah kerusakan, padahal belum satu bulan pasca-diresmikan.

Ketua Komisi C DPRD Kota Jogja, Ririk Banowati mengatakan, koordinasi lintas OPD diperlukan guna meminimalkan permasahan seperti yang terjadi di Jalan Perwakilan itu. Apalagi, kawasan itu menjadi salah satu jalur pemecah dari padatnya lalu lintas di kawasan Malioboro, sehingga sangat sering digunakan pengendara.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Ririk menduga, kondisi conblok berupa batu granit yang rusak di sepanjang Jalan pedestrian dikarenakan oleh jalur itu langsung dilewati pengendara, padahal kondisinya belum memungkinkan. Pihaknya mendorong agar Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) segera memperbaiki.

"Artinya memang perlu koordinasi namanya kan yang mengizinkan kendaraan melintas itu dari Dishub, dan mungkin juga dari Dishub itu pertimbangannya buat memecah lalu lintas dan kemacetan di Malioboro makanya dibuka yang di Perwakilan, akibatnya jalan yang belum kering atau jadi sepenuhnya itu ya rusak lagi," kata Ririk, Kamis (13/1/2022).

Sebagai kawasan pendukung sumbu filosofis, menurut Ririk pengawasan dan pengamanan di kawasan Jalan Perwakilan mesti optimal dilakukan. DPUPKP bisa menempuh sejumlah hal untuk melakukan perbaikan dan memastikan agar kondisi serupa tidak lagi terjadi. Jika memang perlu, jalur di Jalan Perwakilan ditutup sementara guna memastikan perawatan berlangsung lancar.

BACA JUGA: Gunung Purba: Lava 35 Juta Tahun Ditemukan di Watu Gendong Gunungkidul

"Ini kan masih dalam masa perawatan dan itu bisa segera diselesaikan, atau kalau memang belum bisa ditutup total sementara sampai pekerjaan rampung ya tentu ada solusi bagaimana. Dan mungkin ke depan jangan terulang lagi lah kejadian semacam ini, karena anggaran itu kan cukup besar ya, jadi ya terkait perencanaan dan pelaksanaan harusnya benar-benar detail," katanya.

Kepala DPUPKP Kota Jogja, Hari Setyawacana mengatakan, pihaknya telah melakukan perbaikan pada sejumlah titik di Jalan Perwakilan yang rusak di kawasan Malioboro. Kerusakan itu ditengarai akibat semen granit yang belum sepenuhnya kering namun langsung dilewati oleh kendaraan.

Advertisement

"Itu kan kalau kurang rekat dan goyang kalau terlindas kan pasti pecah. Minimal kan 14 hari dan semennya sudah cukup baik. Hari ini pekerja sudah kita terjunkan untuk perbaikan," ungkapnya.

Hari menjelaskan, sesuai kontrak Jalan Perwakilan saat ini masih dalam masa pemeliharaan. Pihaknya juga telah mengecek langsung dan mendata berapa titik yang mengalami kerusakan untuk langsung ditindaklanjuti di hari selanjutnya.

"Nanti kita upayakan atasnya kita tutup pelat sehingga kendaraan itu tidak langsung melintas di bagian [jalan rusak] yang kita perbaiki. Karena kalau ditutup sementara di Jalan Perwakilan tentu tidak memungkinkan," jelasnya.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Target Pendapatan Daerah Kabupaten Magelang 2023 Disepakati Rp2,4 Triliun

News
| Kamis, 01 Desember 2022, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Masangin Alkid, Tembus Dua Beringin Bakal Bernasib Mujur

Wisata
| Selasa, 29 November 2022, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement