Advertisement

Ini Tujuan Pemerintah Memindahkan PKL Malioboro ke Tempat Baru

Sirojul Khafid
Senin, 17 Januari 2022 - 19:17 WIB
Bhekti Suryani
Ini Tujuan Pemerintah Memindahkan PKL Malioboro ke Tempat Baru Lokasi baru PKL Malioboro yang dibangun di lahan eks Gedung Dinas Pariwisata DIY, Selasa (4/1/2022). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kota Jogja, Kris Sarjono Sutejo mengatakan relokasi dan penataan PKL Malioboro dengan menempatkan mereka di area eks Bioskop Indra dan eks Kantor Dispar DIY merupakan langkah penguatan aktivitas ekonomi pelaku PKL.

"Sebelumnya dengan menempati selasar Malioboro yang merupakan bagian dari kepemilikan pemilik toko, bisa dikatakan keberadaan mereka adalah informal. Dengan adanya mereka menempati tempat yang disediakan tersebut, mereka kemudian menjalankan aktivitas ekonominya dalam status formal," kata Kris, Senin (17/1/2022).

Advertisement

Penataan PKL ini merupakan design penataan ekonomi serta untuk penguatan daya dukung Malioboro ke depannya yang diinisisai Pemerintah Daerah DIY dan Pemerintah Kota Jogja.

"Kebijakan [memindahkan PKL Malioboro] ini bukan langkah relokasi, tetapi murni penataan karena aktivitas jualan PKL tetap dipertahankan berada di area Malioboro. Ini merupakan kebijakan penataan sekaligus memberikan status yang lebih kuat bagi para pelaku," kata Kris.

BACA JUGA: Ini Arti dan Filosofi Nama Nusantara Ibu Kota Negara Baru di Kaltim

Dalam pantauan di eks Dispar DIY, tiang dan atap di bangunan utama telah selesai. Namun belum ada properti atau sejenisnya di bagian lapak. Fasilitas toilet dan taman di bagian belakang sudah selesai. Saat ini pengerjaan berada di area taman depan dan penggalian dua sumur.

Untuk area eks Bioskop Indra, sejauh ini belum bisa dicek. Petugas keamanan yang berjaga mengatakan masih ada penataan beberapa material. Beberapa kendaraan terlihat lalu-lalang di pintu eks Bioskop Indra membawa berbagai barang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sudah 3 Minggu Wafat, Jenazah Pebulutangkis China Zhang Zhi Jie Masih di RSUP Sardjito

News
| Jum'at, 19 Juli 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement