Advertisement

BPBD Minta Warga Jogja Waspadai Hujan Lebat Sampai 22 Januari

Sirojul Khafid
Kamis, 20 Januari 2022 - 16:17 WIB
Budi Cahyana
BPBD Minta Warga Jogja Waspadai Hujan Lebat Sampai 22 Januari Ilustrasi hujan. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—BPBD Jogja mengimbau masyarakat waspada hujan lebat sampai 22 Januari.

Ketinggian air di Sungai Winongo mencapai 210 sentimeter (cm) akibat hujan deras yang mengguyur Jogja, Rabu (19/1/2022) sore.

Advertisement

BACA JUGA: Pohon Tumbang dan Banjir Terjang Bantul

Volume air di Sungai Winongo lambat surut lantaran di bagian selatan alirannya kecil. Sementara di Sungai Code, ketinggian air mencapai 130 cm. Namun air di Sungai Code lebih cepat surut lantaran ruang alirannya besar.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jogja, Nur Hidayat, hujan lebat kemarin membuat air sungai meluap di Selatan Kota Jogja, salah satunya area Kemantren Mantrijeron. Namun luapan air ini masih tergolong normal dan cepat mereda.

"Sampai hari ini belum ada laporan [bencana alam], cuma satu dari Bumijo, yang talutnya retak," kata Nur Hidayat, Kamis (20/1/2022).

Sampai pertengahan tahun, Nur Hidayat mengimbau masyarakat waspada akan potensi La Nina. Kewaspadaan juga perlu ditingkatkan utamanya di bulan-bulan saat ini sebagai puncaknya. "Yang [curah hujannya] tinggi bulan-bulan ini sampai tanggal 22 Januari. Semua sungai berpotensi meluap," kata Nur Hidayat.

Selama masa-masa cuaca ekstrem, BPBD Kota Jogja terus berkoordinasi dengan masyarakat melalui Forum Kampung Tangguh Bencana. Saat hujan terjadi, komunikasi semakin diintensifkan. Namun BPBD Kota Jogja hanya bisa menangani keselamatan yang sifatnya kedaruratan. Apabila kerusakan bersifat besar, akan berkoordinasi dengan dinas lain yang terkait.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement