Advertisement

HUT RSUD Prambanan, 12 Tahun Melayani dengan Hati

Media Digital
Minggu, 23 Januari 2022 - 07:07 WIB
Bhekti Suryani
HUT RSUD Prambanan, 12 Tahun Melayani dengan Hati Direktur RSUD PrambananWisnu Murti Yani di sela kegiatan donor darah memperingati HUT ke-12 rumah sakit tersebut, Sabtu (22/1/2022) - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

SLEMAN- Dalam rangka memperingati HUT Ke-12, RSUD Prambanan kembali mengadakan Donor Darah, Sabtu (22/1). Masyarakat antusias mengikuti aksi sosial tersebut.

Ketua Panitia Kegiatan HUT 12 RSUD Prambanan Tri Susanto menyampaikan aksi donor darah tersebut merupakan rangkaian hari jadi RSUD Prambanan. Aksi tersebut merupakan kegiatan rutin setiap rumah sakit merayakan ulang tahun. "Alhamdulillah, masyarakat antusias mengikuti aksi sosial ini. Dari target hanya 25 kantong, hingga siang sudah terdapat 50 peserta yang mendaftar," katanya di sela kegiatan.

Advertisement

Sebelum kegiatan donor darah digelar, perayaan HUT ke 12 RSUD Prambanan dimulai dengan potong tumpeng dan pembagian nasi kuning kepada seluruh pegawai dan pengunjung rumah sakit. Panitia juga menggelar lomba video reels tentang testimoni pelayanan rumah sakit. "Kami juga akan menggelar Seminar Kesehatan dengan tema Kegawatdaruratan Maternal pada 26 Februari," kata pria yang akrab disapa Trito ini.

Kegiatan donor darah tersebut dibuka langsung oleh Direktur RSUD Prambanan Wisnu Murti Yani mengatakan kegiatan donor darah tersebut digelar rutin saat perayaan HUT RSUD Prambanan setiap tahun bekerjasama dengan PMI Sleman. "Ini bentuk pelayanan di luar gedung salah satunya pengabdian kami untuk membantu ketersediaan darah untuk kebutuhan masyarakat," katanya. 

Vaksinasi Booster

Pengabdian lainnya yang dilakukan RSUD Prambanan, kata Wisnu, dengan membuka layanan vaksinasi dosis ketiga atau booster bagi masyarakat. Semua jenis vaksin untuk booster disediakan, baik variasi heterolog maupun homolog. "Heterolog misalnya dulu Sinovac-Sinovac diberikan Pfizer setengah dosis untuk booster atau Homolog Sinovac-Sinovac diberikan Sinovac.

Tapi, variasi Heterolog memberikan efikasi yang besar," katanya.

Untuk mencegah pencampuran vaksin yang bervariasi, rumah sakit tersebut menjadwal pemberian vaksinasi booster. Hari Senin-Kamis semuanya diberikan jenis vaksin Pfizer. Adapun jenis Astra Zaneca diberikan pada Kamis minggu kedua. Tanggal-tanggal tertentu diberikan jenis Moderna. "Masyarakat bisa mendaftar lebih dulu melalui pendaftaran online, bisa juga langsung mendaftar ke rumah sakit," katanya.

RSUD Prambanan setiap hari menyediakan 80 pemberian vaksinasi dosis ketiga ini bagi masyarakat usia 18 tahun ke atas. Hanya saja, untuk sementara pemberian vaksinasi booster ini diprioritaskan kalangan lansia dulu kemudian guru dan pelayan publik sebelum menyasar masyarakat umum. "Selain vaksinasi kami juga memelihara kesehatan dan mencegah masyarakat dari penyakit kronis seperti diabetes meletus (DM) dalam wadah Persadia (persatuan pasien DM Prambanan)," katanya. 

RSUD Prambanan, lanjutnya, tidak hanya melayani masyarakat di dalam gedung tetapi juga di luar gedung. Mereka memiliki program PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit) di mana tim kesehatan menyasar keluarga pasien RSUD Prambanan. "Kalau sudah menjadi pasien kami, balik ke rumah, kami boleh memantau dan mengedukasi sebagai tanggungjawab kami. Kami juga punya layanan home care bagi pasien yang masih belum sembuh," katanya.  (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendag Sebut Kemendag Tak Tinggal Diam Mengetahui Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement