Advertisement

Setelah Menunggu 18 Tahun, Keinginan Sultan Memindah PKL Malioboro Terwujud

Sunartono
Selasa, 25 Januari 2022 - 15:37 WIB
Budi Cahyana
Setelah Menunggu 18 Tahun, Keinginan Sultan Memindah PKL Malioboro Terwujud Jalan Malioboro, Kota Jogja, yang dipenuhi para PKL dan pejalan kaki, Minggu (5/9/2021). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gubernur DIY Sri Sultan HB X ternyata sudah menunggu 18 tahun lamanya untuk memindah pedagang kaki lima (PKL) Malioboro. Sultan menegaskan relokasi PKL sudah bulat dan secara resmi akan dimulai Rabu (26/1/2022) besok.

Soal adanya sejumlah PKL yang berkukuh minta relokasi, HB X menegaskan permintaan itu tidak bisa dipenuhi. Sebab, Gubernur sekaligus Raja Kraton Jogja ini sudah 18 tahun menunggu agar para PKL tersebut pindah dari trotoar Malioboro. Dengan demikian, jadwal pemindahan tidak bisa untuk diundur-undur lagi.

Advertisement

BACA JUGA: Sultan HB X Pastikan PKL Malioboro Pindah Mulai 26 Januari 2022

“Enggak, enggak, aku wis ngenteni [saya sudah menunggu] 18 tahun, jadi ora mung mundur telung tahun [jadi kesempatan yang saya berikan tidak hanya tiga tahun seperti permintaan PKL], aku wis ngenteni 18 tahun [tetapi saya sudah memberikan kesempatan mundur selama 18 tahun],” ucap Sultan.

Sultan juga merespons permintaan kompensasi. Dia mengatakan berbagai fasilitas telah disediakan untuk para PKL di tempat baru yang masih berada di kawasan Malioboro.

BACA JUGA: PKL Malioboro Pindah 26 Januari, Ini Respons Pedagang

“Kalau dia minta ditunda, aku minta cepat, karena aku sudah menunggu 18 tahun,” ujarnya.

HB X mengatakan relokasi harus dilakukan karena jalur pedestrian Malioboro bukan milik PKL. “Karena tempat itu bukan milik dia. Milik toko dan pemerintah. Bukan fasilitas untuk kaki lima, saya menunggunya 18 tahun. Jadi ora usah mundur 3 tahun [tidak perlu menunggu tiga tahun], saiki isa kenapa besok [kalau sekarang bisa kenapa harus besok],” ucap Sultan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Duka: Pendiri Mustika Ratu, Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia

News
| Rabu, 24 April 2024, 08:14 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement