Advertisement

Promo Sumpah Pemuda Harjo

Sultan HB X Pastikan PKL Malioboro Pindah Mulai 26 Januari 2022

Sunartono
Senin, 24 Januari 2022 - 17:07 WIB
Budi Cahyana
Sultan HB X Pastikan PKL Malioboro Pindah Mulai 26 Januari 2022 Lokasi baru PKL Malioboro yang dibangun di lahan eks Gedung Dinas Pariwisata DIY, Selasa (4/1/2022). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gubernur DIY Sri Sultan HB X memastikan PKL Malioboro akan dipindah dimulai pada Rabu (26/1/2022). Fasilitas bagi para PKL di lokasi yang baru sementara diberikan secara gratis.

Sultan HB X mengatakan pemindahan akan dilakukan pada Rabu (26/1/2022) sebagai permulaan. Menurutnya proses pemindahan itu akan berlangsung antara dua hingga tiga pekan ke depan.

Advertisement

BACA JUGA: Begini Sejarah Keberadaan PKL di Malioboro

“Mulai tanggal 26 [Rabu 26 Januari 2022] ya, enggak tahu sampai tanggal berapa [selesai pemindahan], mungkin dua atau tiga minggu untuk persiapan kepindahan itu, tidak terus [selesai] tanggal 26 itu,” kata Sultan di Kompleks Kepatihan, Senin (24/1/2022) sore.

Ia menambahkan pada 26 Januari 2022 akan ada pertemuan para PKL serta melihat lokasi baru untuk pemindahan PKL Malioboro. “Iya 26 itu, tetapi mungkin angkut-angkutnya juga tidak [langsung] 26, mungkin 26 ada pertemuan lihat lokasi dan sebagainya,” ujarnya.

Sultan mengimbau kepada para PKL untuk menghadiri pertemuan tersebut. Nanti yang mengatur Kota [Pemkot Jogja], saya harapkan bisa untuk kami fasilitasi,” katanya.

Penentuan lapak hingga undian sepenuhnya dilakukan oleh para PKL dengan difasilitasi Pemerintah Kota Jogja.

Sultan enggan menjelaskan secara detail soal informasi pada 8 Februari 2022 kawasan Malioboro harus sudah bersih dari PKL. Jadwal itu kemungkinan bagian dari proses penataan. Jika belum terselesaikan pada 8 Februari menurutnya tidak masalah, asal ada kepastian.

BACA JUGA: Ini Arti Nama Malioboro, Jalan Legendaris Penuh Untaian Bunga

“Mungkin ya, tetapi itu kan penataannya, kalau belum [selesai pada tanggal 8 Februari] ya enggak apa-apa, yang penting ada kepastian kami menentukan [tanggal target],” ucapnya.

HB X memastikan pemerintah memberikan fasilitas kepada para PKL Malioboro. Fasilitas tersebut sementara diberikan secara gratis. Pemerintah juga akan menginformasikan kepada pengunjung soal lokasi PKL yang baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Jejak Soeharto di Wukirsari

Jejak Soeharto di Wukirsari

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tak Menyangka, Tukang Bangunan Ponpes di Jogja Peroleh Hadiah Mobil Listrik

News
| Minggu, 01 Oktober 2023, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Unik, Taman Sains Ini Punya Gedung Seperti Pesawat Ruang Angkasa

Wisata
| Sabtu, 30 September 2023, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement