Advertisement

Sultan HB X Pastikan PKL Malioboro Pindah Mulai 26 Januari 2022

Sunartono
Senin, 24 Januari 2022 - 17:07 WIB
Budi Cahyana
Sultan HB X Pastikan PKL Malioboro Pindah Mulai 26 Januari 2022 Lokasi baru PKL Malioboro yang dibangun di lahan eks Gedung Dinas Pariwisata DIY, Selasa (4/1/2022). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gubernur DIY Sri Sultan HB X memastikan PKL Malioboro akan dipindah dimulai pada Rabu (26/1/2022). Fasilitas bagi para PKL di lokasi yang baru sementara diberikan secara gratis.

Sultan HB X mengatakan pemindahan akan dilakukan pada Rabu (26/1/2022) sebagai permulaan. Menurutnya proses pemindahan itu akan berlangsung antara dua hingga tiga pekan ke depan.

Advertisement

BACA JUGA: Begini Sejarah Keberadaan PKL di Malioboro

“Mulai tanggal 26 [Rabu 26 Januari 2022] ya, enggak tahu sampai tanggal berapa [selesai pemindahan], mungkin dua atau tiga minggu untuk persiapan kepindahan itu, tidak terus [selesai] tanggal 26 itu,” kata Sultan di Kompleks Kepatihan, Senin (24/1/2022) sore.

Ia menambahkan pada 26 Januari 2022 akan ada pertemuan para PKL serta melihat lokasi baru untuk pemindahan PKL Malioboro. “Iya 26 itu, tetapi mungkin angkut-angkutnya juga tidak [langsung] 26, mungkin 26 ada pertemuan lihat lokasi dan sebagainya,” ujarnya.

Sultan mengimbau kepada para PKL untuk menghadiri pertemuan tersebut. Nanti yang mengatur Kota [Pemkot Jogja], saya harapkan bisa untuk kami fasilitasi,” katanya.

Penentuan lapak hingga undian sepenuhnya dilakukan oleh para PKL dengan difasilitasi Pemerintah Kota Jogja.

Sultan enggan menjelaskan secara detail soal informasi pada 8 Februari 2022 kawasan Malioboro harus sudah bersih dari PKL. Jadwal itu kemungkinan bagian dari proses penataan. Jika belum terselesaikan pada 8 Februari menurutnya tidak masalah, asal ada kepastian.

BACA JUGA: Ini Arti Nama Malioboro, Jalan Legendaris Penuh Untaian Bunga

Advertisement

“Mungkin ya, tetapi itu kan penataannya, kalau belum [selesai pada tanggal 8 Februari] ya enggak apa-apa, yang penting ada kepastian kami menentukan [tanggal target],” ucapnya.

HB X memastikan pemerintah memberikan fasilitas kepada para PKL Malioboro. Fasilitas tersebut sementara diberikan secara gratis. Pemerintah juga akan menginformasikan kepada pengunjung soal lokasi PKL yang baru.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement