Advertisement

Kasus Covid-19 Melonjak Lagi, Bagaimana Nasib PTM 100 Persen di Sleman?

Abdul Hamied Razak
Rabu, 26 Januari 2022 - 20:27 WIB
Bhekti Suryani
Kasus Covid-19 Melonjak Lagi, Bagaimana Nasib PTM 100 Persen di Sleman? Ilustrasi. - ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Kenaikan kasus Covid-19 di Sleman dalam beberapa hari terakhir bisa berdampak pada pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) dengan kapasitas 100%. Pemkab pun menyiapkan langkah jika kasus positif Covid-19 di Sleman terus mengalami kenaikan.

Sekda Sleman Harda Kiswaya mengatakan Pemkab menyiapkan beberapa alternatif kebijakan pelaksanaan PTM 100% jika kasus positif Covid-19 terus merebak. Hanya saja, katanya, Pemkab masih menunggu perkembangan kasusnya. "Tentu kami siapkan langkah-langkah antisipatif untuk menentukan kebijakan PTM 100 persen. Kebijakan yang tidak melanggar aturan Pemerintah Pusat maupun Pemda DIY," katanya, Rabu (26/1/2022).

Advertisement

Dijelaskan Harda, pelaksanaan PTM 100% dilaksanakan di Sleman berdasarkan SKB tiga menteri dan Peraturan Gubernur DIY. Dengan demikian, lanjutnya, kegiatan tersebut nantinya akan menyesuaikan dengan aturan yang dibuat agar tidak bertentangan dengan aturan yang ada.

BACA JUGA: Bulan Depan, Warga Temanggal Purwomartani Terima Ganti Rugi Tol Jogja Solo Rp120 Miliar

"Tetapi kami sudah siapkan skenario alternatif jika kasus Covid-19 mengalami peningkatan. Misalnya pelaksanaan PTM 100% di sekolah dibagi dalam dua shif. Jadi kapasitasnya 50%. Sebagian masuk pagi, sebagian siang seperti pelaksanaan PTM terbatas. Jadi tetap 100%," katanya.

Meskipun sudah menyiapkan skenario tersebut, Harda berharap, kasus Covid-19 di Sleman tetap terkendali dan tidak terus mengalami penambahan. Caranya, Pemkab akan terus mengingatkan agar masyarakat menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. "Kegiatan vaksinasi akan terus kami gencarkan. Terutama kepada kelompok yang rentan terpapar Covid-19. Yang belum vaksin, kami minta segeralah untuk divaksin," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Sleman, Ery Widaryana menjelaskan pelaksanaan PTM 100% dimulai sejak 17 Januari lalu. Pelaksanaan PTM 100% di sekolah-sekolah diatur berdasarkan SKB Tiga Mentri dan harus sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang sudah disepakati.

"Waktu istirahat hanya sekali dan diatur. SOP harus dijalankan ketat. Kami sudah membuat panduannya dan meminta sekolah berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 kapanewon dan kalurahan," kata dia.

Disdik Sleman sudah mengingatkan sekolah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat selama PTM 100% berlangsung. Baik prokes 5 M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan) maupun 3T (testing, tracing, treatment).

"Kami juga meminta sekolah memaksimalkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 baik bagi pendidik, tenaga kependidikan maupun peserta didik," kata Ery.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement