Advertisement

Deretan Kios Sepatu Jalan Mataram Tinggal Kenangan, Dibongkar untuk Akses ke Teras Malioboro

Newswire
Jum'at, 28 Januari 2022 - 20:47 WIB
Bhekti Suryani
Deretan Kios Sepatu Jalan Mataram Tinggal Kenangan, Dibongkar untuk Akses ke Teras Malioboro Sejumlah PKL tampak memberesi barang berharga yang masih tersisa di kios Jalan Mataram, Kota Jogja, Jumat (28/1/2022). - Harian Jogja/Sunartono.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pedagang kaki lima (PKL) yang menjual sepatu di Jalan Mataram mulai membongkar kios yang selama ini digunakan untuk berjualan karena lokasi tersebut akan digunakan sebagai salah satu akses menuju Teras Malioboro 2.

Teras Malioboro 2 adalah lokasi penempatan PKL Malioboro yang berada di lahan bekas gedung Dinas Pariwisata DIY. Nantinya, akan ada dua akses masuk ke Teras Malioboro 2 yaitu dari Jalan Malioboro dan dari Jalan Mataram.

Advertisement

“Pengemasan barang-barang sudah mulai dilakukan pekan lalu. Hari ini memang direncanakan sudah harus bersih,” kata salah satu PKL sepatu Jalan Mataram Veronika di Jogja, Jumat (28/1/2022).

Ia dan pedagang lainnya memilih mengemasi dan membongkar kios secara mandiri agar barang-barang dagangan yang dimiliki tidak tercecer dan akhirnya justru hilang.

BACA JUGA: Cucu Presiden Jokowi, Jan Ethes Raih Medali Emas

Pedagang sepatu akan ditempatkan di Teras Malioboro 1 atau di bekas gedung Bioskop Indra.

“Untuk penataan barang dagangan di Indra harus disesuaikan lagi dan masih melengkapi beberapa barang lain yang dibutuhkan,” katanya.

Meskipun demikian, ia menyebut jika pedagang merasa sedikit kecewa dengan kebijakan relokasi yang harus dilakukan karena lokasi penempatan yang tidak sesuai keinginan pedagang.

“Kalau berjualan di pinggir jalan seperti sekarang akan memudahkan pembeli. Saat lihat ada yang bagus, pembeli cukup mampir,” katanya yang menyebut kios PKL sepatu Jalan Mataram akan ramai dikunjungi saat libur sekolah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta Hari Setya Wacana mengatakan, pembangunan akses menuju Teras Malioboro 2 akan langsung dikerjakan jika tidak ada lagi kios pedagang sepatu.

“Hari ini ditargetkan ‘clear’ dan bisa langsung dilakukan pembangunan akses,” katanya.

Ia menyebut, akan berusaha secepatnya untuk menyelesaikan pembangunan akses menuju Teras Malioboro 2.

“Sebagaimana akses dari Jalan Malioboro, maka akses dari Jalan Mataram ini juga untuk akses masuk dan keluar pembeli,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi meminta PKL Malioboro yang akan menempati Teras Malioboro 2 untuk tidak mengkhawatirkan lokasi penempatan karena nantinya tidak ada yang berlokasi di belakang.

“Akses dibuka dari Jalan Malioboro dan Jalan Mataram. Sehingga tidak perlu khawatir dimanapun ditempatkan. Penempatan akan dilakukan dengan undian,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement