Advertisement

Digitalisasi Jadi Tantangan Dosen Ilmu Pemerintahan 

Sunartono
Sabtu, 29 Januari 2022 - 17:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Digitalisasi Jadi Tantangan Dosen Ilmu Pemerintahan  Pelaksanaan Munas dan Semimar Asosiasi Dosen Ilmu Pemerintahan. - Ist/Adipsi.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Dosen Ilmu Pemerintahan memiliki tantangan tersendiri dalam menghasilkan lulusan yang siap ditempatkan di lini pemerintahan di tengah perkembangan teknologi. Tergabung dalam Asosiasi Dosen Ilmu Pemerintahan Indonesia (ADIPSI) para akademisi ini menggelar Musyawarah Nasional (Munas) di Kota Jogja.

Ketua Panitia Seminar & Munas Adipsi Tunjung Sulaksono menjelaskan pelaksanaan digelar di Kota Jogja pada Rabu (26/1/2022) lalu diikuti 60 dosen Ilmu Pemerintahan dari berbagai daerah di Indonesia.

"Tantangan dalam mengikuti kemajuan teknologi dan informasi juga harus dihadapi akademisi Prodi ilmu pemerintahan. Sehingga kami melalui asosiasi bersama-sama mempersiapkan," kata Tunjung dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (29/1/2022). 

Ketua ADIPSI periode 2019-2022 Titin Purwaningsih menambahkan dosen ilmu pemerintahan harus mengembangan keilmuan dibarengi dengan penguasaan teknologi. Karena memiliki tanggungjawab mencetak lulusan untuk kebutuhan SDM pemerintah pusat hingga daerah hingga masyarakat.

"Ke depannya kemajuan teknologi menjadi tantangan besar bagi universitas utamanya bagi disiplin ilmu pemerintahan," ujarnya.

Dalam munas tersebut terpilih sebagai Ketua Umum Adipsi periode 2022-2025 Teguh Yuwono yang juga dosen Undip Semarang. Saat ini asosias tersebut memiliki 482 anggota yang berasal dari 91 anggota.

Teguh Yuwono mengajak para dosen ilmu pemerintahan dari berbagai daerah di Indonesia untuk bersama-sama mengembangkan keilmuan sejalan dengan teknologi sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat dan negara.

"Kami berkomitmen untuk membangun asosiasi ini menjadi lebih baik lagi melalui beberapa program," katanya. 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

NasDem Deklarasikan Anies jadi Capres, Ini Respon Partai Demokrat

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement