Advertisement

Hasil Uji Sampel SGTF, Bupati Sleman Kustini Diduga Terpapar Covid-19 Omicron

Abdul Hamied Razak
Senin, 31 Januari 2022 - 21:37 WIB
Bhekti Suryani
Hasil Uji Sampel SGTF, Bupati Sleman Kustini Diduga Terpapar Covid-19 Omicron Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Sampel swab Covid-19 Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dinyatakan probable Omicron dari hasil pemeriksaan dengan metode S-Gene target failure (SGTF) di Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta.

Hasil yang sama juga terlihat pada 10 sampel swab lainnya yang dikirim ke BBTKLPP. Untuk memastikan jenis virus Covid-19 varian Omicron atau tidak, pemeriksaan sampel dilanjutkan dengan metode whole genome sequencing (WGS). 

"Hingga kini hasil tes WGS sampel milik bupati masih belum keluar dari laboratorium. Tapi untuk hasil SGTF probable Omicron atau kemungkinan Omicron karena komponen S-nya tidak ada," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes SlemanNovita Krisnaeni, Senin (31/1/2022).

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

BACA JUGA: Muncul Klaster Pernikahan di Kulonprogo, Menular hingga ke Pejabat yang Kondangan

Untuk memastikan jenis variannya, lanjut Novita, BBTKLPP melanjutkan pemeriksaan sampel menggunakan metode WGS yang hasilnya baru diketahui 2-3 minggu ke depan. "Iya (hasilnya) masih menunggu sampel swab banyak dulu baru diperiksa karena (WGS) biayanya mahal," ujarnya.

Meskipun berstatus probable Omicron kondisi kesehatan Kustini Sri Purnomo (KSP) saat ini sangat baik. Bahkan hasil tes swab Antigen yang dilakukan KSP pada Minggu (30/1/2022) hasilnya negatif Covid-19. KSP hingga kini masih terus menjalani isolasi mandiri di rumah dinas. "Saya ikut aturan untuk isolasi selama 14 hari," ujar Kustini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Jumat, 7 Oktober 2022

News
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 07:09 WIB

Advertisement

alt

Satu-satunya di Kabupaten Magelang, Wisata Arung Jeram Kali Elo Terus Dikembangkan

Wisata
| Kamis, 06 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement