Advertisement

Setelah Dilanda Hujan Badai, Ini Prediksi Cuaca DIY 2 Hari ke Depan

Lugas Subarkah
Kamis, 03 Februari 2022 - 22:07 WIB
Bhekti Suryani
Setelah Dilanda Hujan Badai, Ini Prediksi Cuaca DIY 2 Hari ke Depan Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebagian wilayah DIY dilanda hujan badai pada Kamis (3/2/2022). Pada Jumat (4/2/2022) dan Sabtu (5/2/2022) BMKG juga telah memprediksikan kondisi cuaca di DIY.

Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Bambang Kuntoro, menuturkan hujan dan angin kencang pada Kamis (3/2/2022) mulai terjadi pukul 11.31 WIB di Kapanewon Pakem.

Hujan deras di Pakem mengakibatkan sebanyak 24 truk terjebak lahar hujan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini dan truk sudah berhasil dievakuasi. Di Kapanewon Depok dan Gamping, hujan dan angin kencang mengakibatkan sejumlah kerusakan.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Di Ring Road utara sebelah timur simpang empat UPNVY, satu baliho roboh menimpa jaringan listrik. “Kemudian di Ring Road Utara, depan Casa Grande, Kalurahan Maguwoharjo, ada pohon tumbang menutup akses jalan. Di Kledokan, Kalurahan Caturtunggal, ada baliho roboh mengganggu akses jalan,” ujarnya.

BACA JUGA:24 Truk Terjebak di Sungai Boyong, Hujan Tumpah saat Truk Tengah Mengantre

Kemudian di Kapanewon Gamping, tepatnya di Jalan Siliwangi Ring Road Barat, Nusupan, Kalurahan Trihanggo, ada pohon tumbang menutup akses jalan. Di Kaliurang, hujan deras menyebabkan meluapnya aliran air hingga ke terminal. Meski menimbulkan tanah berlumpur, tidak ada kerusakan dalam kejadian ini.

Kepala Stasiun Meteorologi Yogyakarta, Warjono, mengatakan meski terjadi cuaca ekstrem dalam beberapa hari terakhir, saat ini belum terbentuk adanya bibit siklon baru. Analisis cuaca sementara menunjukkan adanya pusat tekanan rendah di sebelah barat Australia meningkatkan aliran udara dari Asia melewati wilayah Jawa termasuk DIY.

“Kelembapan relatif yang tinggi pada lapisan 850-500 mb, berkisar antara 80-90 persen mendukung terbentuknya awan cumulonimbus di wilayah DIY. Analisa Citra satelit himawari dan Radar Cuaca menunjukkan adanya pertumbuhan awan konvektif  atau cumulonimbus,” katanya.

Prakiraan cuaca di wilayah DIY pada Jumat hingga sabtu (4-5/2/2022) pagi meliputi Kabupaten Bantul berawan pada Jumat (4/2/2022) dan mulai hujan pada Sabtu (5/2/2022) dini hari. Kabupaten Sleman cerah dan berawan tebal. Kabupaten Kulonprogo berawan.

Advertisement

Kemudian Gunungkidul berawan pada Jumat (4/2/2022) pagi hingga siang, lalu pada malam hingga Sabtu (5/2/2022) dini hari hujan. Kota Jogja cerah pada Jumat (4/2/2022) pagi yang kemudian berawan hingga Sabtu (5/2/2022) dini hari. Di semua wilayah pada Sabtu (5/2/2022) pagi diperkirakan turun hujan ringan hingga sedang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Jumat, 7 Oktober 2022

News
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 07:09 WIB

Advertisement

alt

Satu-satunya di Kabupaten Magelang, Wisata Arung Jeram Kali Elo Terus Dikembangkan

Wisata
| Kamis, 06 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement