Advertisement

Ancaman Badai Belum Pasti Berlalu dari Jogja Hingga Sepekan ke Depan

Lugas Subarkah
Jum'at, 04 Februari 2022 - 06:07 WIB
Budi Cahyana
Ancaman Badai Belum Pasti Berlalu dari Jogja Hingga Sepekan ke Depan Hujan badai di Jalan Laksda Adisucipto, Janti, Sleman, Kamis (3/2/2022). - Harian Jogja/Galih Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Ancaman hujan badai belum berlalu dari wilayah Jogja dan sekitarnya setidaknya hingga sepekan ke depan. BMKG meminta masyarakat waspada bencana hidrometeorologi akibat cuaca ekstrem.

Kepala Stasiun Meteorologi Yogyakarta BMKG, Warjono, mengatakan meski terjadi cuaca ekstrem dalam beberapa hari terakhir, saat ini belum terbentuk adanya bibit siklon baru.

Advertisement

BACA JUGA: Hujan Es Guyur Kawasan Utara Tugu Jogja, Hujan Angin Terjang Sleman

Analisis cuaca sementara menunjukkan adanya pusat tekanan rendah di sebelah barat Australia meningkatkan aliran udara dari Asia melewati wilayah Jawa termasuk DIY. Akibatnya, hujan badai atau hujan deras disertai angin kencang sering turun di Kota Jogja dan wilayah administratif di sekitarnya seperti Sleman dan Bantul.

“Kelembapan relatif yang tinggi pada lapisan 850-500 mb, berkisar antara 80-90 persen dan mendukung terbentuknya awan cumulonimbus di wilayah DIY. Analisa citra satelit Himawari dan radar cuaca menunjukan adanya pertumbuhan awan konvektif  atau cumulonimbus,” katanya.

BMKG mengeluarkan prakiraan cuaca untuk Jogja dan sekitarnya hingga Sabtu (5/2/2022) besok.

Kabupaten Bantul berawan pada Jumat (4/2/2022) dan mulai hujan pada Sabtu (5/2/2022) dini hari. Kabupaten Sleman cerah dan berawan tebal. Kabupaten Kulonprogo berawan.

Kemudian Gunungkidul berawan pada Jumat (4/2/2022) pagi hingga siang, lalu pada malam hingga Sabtu (5/2/2022) dini hari hujan. Kota Jogja cerah pada Jumat (4/2/2023) pagi yang kemudian berawan hingga Sabtu (5/2) dini hari. Di semua wilayah DIY, pada Sabtu (5/2/2022) pagi diperkirakan turun hujan ringan hingga sedang.

BACA JUGA: Ngeri! Ini Foto-Foto Imbas Hujan Badai di Jogja dan Sleman

Ia mengatakan berdasarkan prediksi kondisi global, regional, dan probabilistik model, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diperkirakan mengguyur sejumlah wilayah DIY dalam sepekan ke depan.

Masyarakat Jogja dan sekitarnya diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem seperti puting beliung, hujan lebat yang disertai petir, angin kencang, hujan es, serta bencana hidrometeorologi yang dapat ditimbulkan hujan badai seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, maupun pohon tumbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement