Advertisement

Teras Malioboro Bocor, Begini Penjelasan Pemkot Jogja

Newswire
Jum'at, 04 Februari 2022 - 17:37 WIB
Bhekti Suryani
Teras Malioboro Bocor, Begini Penjelasan Pemkot Jogja Pedagang berjualan di Teras Malioboro 1, Rabu (2/2/2022). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pemerintah Kota Jogja menyebut, kejadian bocor di tempat relokasi pedagang kaki lima (PK) Malioboro khususnya di Teras Malioboro 1 murni disebabkan hujan deras disertai angin kencang sehingga terjadi limpasan air hujan dari atap.

“Kejadian kemarin (Kamis, 3/2/2022) menjadi perhatian kami. Tetapi perlu diingat bahwa saat itu hujan turun sangat deras dan disertai angin kencang,” kata Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Jumat (4/2/2022).

Menurut dia, hujan dengan intensitas sangat lebat yang disertai angin kencang tidak hanya berdampak di Teras Malioboro 1 saja bahkan kejadian tersebut juga menimbulkan berbagai kerusakan di tempat lain.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Salah satunya adalah pohon tumbang di depan Kantor Pos Besar Jogja dan sejumlah kerusakan baliho.

BACA JUGA: UU IKN Digugat Mantan Penasihat KPK dan Para Pensiunan TNI ke MK

“Saya kira, dampaknya tidak hanya di Teras Malioboro 1. Jika PKL tetap berjualan di pedestrian pun, mereka pasti akan basah kuyup karena hujan memang sangat lebat disertai angin kencang,” katanya.

Ia berharap, PKL tetap meneruskan proses relokasi ke lokasi baru karena seluruh bangunan yang digunakan untuk lokasi penempatan sudah teruji terhadap hujan.

“Dalam dua kali peninjauan ke lokasi penempatan, di Teras Malioboro 1 dan 2, selalu ditanyakan bagaimana kondisi bangunan saat terjadi hujan deras,” katanya.

Heroe memastikan, kondisi bangunan dalam kondisi teruji saat hujan lebat asalkan tidak disertai dengan angin kencang. “Jika hanya terjadi hujan saja tanpa angin, maka bangunan sudah teruji sekalipun itu hujan sangat deras,” katanya.

Advertisement

Proses relokasi sekitar 1.800 PKL Malioboro ke dua lokasi penempatan ditargetkan dapat dituntaskan awal pekan depan.

“Saat ini, PKL sedang menyesuaikan display dagangan di tempat baru sesuai luasan lapak yang ditempati. Harapannya bisa selesai tepat waktu,” katanya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dijual Segera, Kerangka Dinosourus Usia 150 Tahun untuk Ruang Tamu

News
| Senin, 26 September 2022, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Ada Paket Wisata ke Segitiga Bermuda, Uang 100% Kembali Jika Wisatawan Hilang

Wisata
| Minggu, 25 September 2022, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement