Advertisement

Pembangunan Tol Perdana di Jogja Akan Dimulai di Selokan Mataram  

Sunartono
Jum'at, 18 Februari 2022 - 16:47 WIB
Bhekti Suryani
Pembangunan Tol Perdana di Jogja Akan Dimulai di Selokan Mataram    Foto ilustrasi. - ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Tol Jogja-Bawen Wijayanto menyatakan pelaksanaan ground breaking Tol Jogja-Bawen masih menunggu pelaksanaan lelang yang saat ini masih berproses. Pada awalnya ditarget Maret 2022, namun kemungkinan mundur April atau Mei mendatang. Akan tetapi, ia belum dapat memastikan karena bulan tersebut bersamaan dengan Ramadan. 

Selain itu timnya juga masih mencari titik lokasi yang akan dijadikan sebagai lokasi ground breaking untuk ruas Jogja-Bawen di wilayah DIY antara di Selokan Mataram yang elevated atau di titik lain yang at grade. Jika memilih pada ruas yang elevated maka akan digelar di Selokan Mataram. Hal ini tentu harus mencari ruas yang lebih aman dan tidak menganggu aktivitas perjalanan masyarakat.

Ground breaking menunggu lelang selesai diperkirakan April mei dari rencana semula di Maret, karena ada beberapa yang harus diperbaiki lagi, mungkin sekitar April, kami belum pastikan. Pas bulan puasa atau sebelum ataus esudah puasa.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

“Masih dicari karena di Tirtoadi itu sepanjang 1,5 km at grade, kalau yang ada konstruksinya [elevated] di Selokan Mataram, ini kami sedang mencari tempat yang paling bagus. Karena untuk di Tirtoadi at grade jadi tidak ada pembangunan stuktur, tetapi kalau di Selokan Mataram ada, tetapi lokasinya mana, karena kebetulan Selokan Mataram ini tidak banyak tanah yang kosong. Harus cari tempat yang cocok, [kemungkinan tempat ground breaking] kalau tidak di awal ya akhir Selokan,” ujarnya, Jumat (18/2/2022).

 BACA JUGA: Masuk Singapura, WNI Bebas Karantina Per 28 Februari. Ini Caranya..

Wijayanto mengatakan pemilihan lokasi ground breaking itu lebih mempertimbangkan dari sisi kenyamanan bagi masyarakat luas. Selain itu sedang mencari simbolis peletakan batu pertama yang paling tepat. Ia mencontohkan misalnya memiliki di lokasi at grade, simbolisnya bisa dalam bentuk mengoperasikan truck dump atau sejenisnya, jika di lokasi elevated tentu akan berbeda lagi, konsep ini sedang dimatangkan.

 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kesaksian Penonton saat Tragedi Kanjuruhan, Kengerian Menyayat di Depan Mata

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement