Advertisement

Dibiayai Danais, Petugas Jogoboro Akan Berpatroli 24 Jam di Malioboro

Sunartono
Minggu, 20 Februari 2022 - 17:17 WIB
Bhekti Suryani
Dibiayai Danais, Petugas Jogoboro Akan Berpatroli 24 Jam di Malioboro Kawasan Malioboro tanpa PKL kini butuh daya tarik baru untuk tetap memikat wisatawan. - Harian Jogja/Maya Herawati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pemda DIY memfasilitasi petugas Jogoboro melalui dana keistimewaan (danais) DIY agar bertugas secara maksimal dalam memberikan rasa aman di Malioboro. Petugas Jogoboro memiliki peran penting dalam menciptakan rasa aman baik warga di sekitar Malioboro maupun wisatawan.

Jogoboro secara umum memiliki tugas yaitu menjaga keamanan, ketertiban,keindahan serta kebersihan di kawasan Malioboro. Guna menjalankan tugas tersebut maka Jogoboro akan berpatroli selama 24 jam di seputaran kawasan Malioboro.

Advertisement

Paniradya Pati Paniradya Kaistimewan DIY Aris Eko Nugroho menjelaskan Pemda DIY sepenuhnya mendukung peran Jogoboro yang bertugas di kawasan Malioboro. Melalui danais setiap tahun dianggarkan lewat Dinas Kebudayaan Kota Jogja.

“Dukungan Pemda DIY melalui dana keistimewaan terhadap Jogoboro dalam menjaga kawasan Malioboro adalah dengan alokasi anggaran melalui Dinas Kebudayaan Kota Jogja pada UPT Pengelolaan Kawasan Cagar Budaya di setiap tahunnya,” katanya, Jumat (18/2/2022).

Aris menambahkan Jogoboro memiliki peran penting untuk menjaga Malioboro. Kegiatan pengamanan itu bertujuan untuk menjaga seluruh kawasan Malioboro terutama untuk mengantisipasi kemungkinan adanya tindak kriminal seperti pencopetan.

“Kegiatan pengamanan kawasan Malioboro merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menjaga kondisi Malioboro agar tetap aman dari tindak kriminal seperti pencopetan dan lainnya,” katanya.

BACA JUGA: Mayarakat Geram! Tagar Minyak Goreng dan #SalimGroupNimbunMigor Viral

Selain menangani ketertiban dan keamanan di Malioboro, lanjutnya, kegiatan Jaga Kawasan Malioboro juga berfungsi untuk menjaga aset-aset yang ada di jalur Pedestrian. Melalui keberadaan Jogoboro diharapkan masyarakat umum atau pengunjung Malioboro dapat memanfaatkan berbagai fasilitas atau aset yang tersedia sebagaimana mestinya sekaligus menjaganya. Terpenting, kata Aris, Jogoboro diharapkan berdampak pada rasa aman bagi wisatawan yang berkunjung.

“Sehingga harus ikut memastikan wisatawan merasa nyaman saat berada di jantung wisata Jogja. Sehingga keberadaan Jogoboro ini sangatlah penting dalam menjaga kawasan Malioboro,” ucapnya.

Petugas Jogoboro di Malioboro total berjumlah 110 personel. Mereka bertugas setiap sif dan melakukan patroli di sepanjang Jalan Malioboro dengan berjalan kaki. Hal ini untuk memastikan bahwa wisatawan mendapatkan keamanan dan kenyamanan.

Menurutnya hingga saat ini belum ada penambahan jumlah personel karena mempertimbangkan luas kawasan yang dijaga. Namun ke depan akan dilihat terkait kemungkinan Jogoboro menjaga ruas lain seperti sirip Malioboro

“Penambahan personel dan kemampuan SDM terhadap Jogoboro perlu mempertimbangkan luasan kawasan yang dijaga apakah kedepannya penjagaan masih berfokus pada kawasan Malioboro atau sudah meluas pada sirip-sirip Malioboro,” ujarnya.

Petugas Jogoboro ini diberikan insentif untuk mendukungnya dalam bertugas. “Sampai saat ini belum ada anggaran khusus untuk pelatihan khusus namun sudah ada ada insentif khusus untuk Jogoboro,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Desa Bersih Narkoba Bisa Menggunakan Dana Desa

News
| Selasa, 23 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement