Advertisement

Gus Miftah Trending Gara-Gara "Serang" Ustaz Khalid di Pagelaran Wayang

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 21 Februari 2022 - 15:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Gus Miftah Trending Gara-Gara Gus Miftah memberikan komentar film Tilik di tepi pantai. - YouTube/Gus Miftah Official

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Pendakwah Gus Miftah menggelar pagelaran wayang di Pondok Pesantren Ora Aji, Jumat (18/2/2022) lalu. Dalam pertunjukan itu, dimunculkan wayang bergambar Ustaz Khalid Basalamah. Namun gara-gara adegan dalam cerita wayang itu, hari ini Gus Miftah menjadi trending di Twitter. 

Kemunculan wayang bergambar Ustaz Khalid Basalamah langsung mendapatkan perhatian setelah dibagikan akun Twitter @pgmorsaji. Akun ini membagikan cuplikan momen saat Dalang Ki Warseno Slank memunculkan wayang bergambar Ustaz Khalid sambil emosi.

"Pagelaran wayang kulit Ki Warseno Slank bersama Gus Miftah, Jumat 18 Februari 2022. Ajurr, wayang basalamah dihajar habis-habisan," tulis akun ini sebagai keterangan Twitter seperti dikutip Suara.com--jaringan Harianjogja.com, Senin (21/2/2022).

Dalam video, Ki Warseno memaki dan membanting wayang Ustaz Khalid itu. Ki Warseno menyebut Ustaz Khalid datang ke Tanah Jawa hanya untuk mengusik wayang.

Ia pun tak kuasa menahan emosi dan langsung memaki wayang itu. Intinya jika tidak suka wayang, tidak perlu banyak bicara. 

Baca juga: Politikus Jogja Ikut Komentari Pemusnahan Wayang Khalid Basalamah

Adapun nama wayang bergambar Ustaz Khalid itu telah diplesetkan namanya. Wayang itu diberi nama "BASAMALAH", alih-alih "BASALAMAH" yang merupakan nama asli Ustaz Khalid. Kendati demikian, gambar wayang itu tetap menggunakan foto Ustaz Khalid lengkap dengan pakaian khasnya.

Sontak, momen tersebut langsung mendapatkan atensi warganet. Hingga berita ini dipublikasikan, cuplikan video wayang Ustaz Khalid dimaki itu telah disaksikan sedikitnya 110.000 kali, di-retweet 900 kali dan mendapatkan 700 tanda suka.

Sementara itu, nama Gus Miftah justru trending di Twitter hingga Senin (21/2/2022) siang ini. Kata "Miftah" sudah ditweet sebanyak lebih dari 7.500 kali. Di atara netizen ada yang menyayangkan pertunjukan wayang yang terkesan menyudutkan Ustaz Khalid tersebut. Mereka menilai cara mengkritik yang dilakukan Gus Miftah tidak tepat. 

"Apa yg dilakukan Miftah ini norak. Mustinya klu berilmu ajaklah ustad khalid berdebat. Bukan bgini caranya. Miftah cari sensasi saja," tulis netizen. 

Advertisement

"SURAT TERBUKA BUAT GUS MIFTAH... KEBLABLASAN GUS WAYANGNYA," tulis yang lain sembari menyertakan sebuah tulisan surat terbuka untuk pendakwah yang juga sahabat Deddy Corbuzier itu. 

Sebelumnya, selebritas Sandy Tumiwa selaku humas Organisasi Masyarakat bernama Setya Kita Pancasila (SKP) resmi melaporkan Ustaz Khalid Basalamah ke Bareskrim Polri, Kamis (17/2/2022). Pendakwah kondang itu dilaporkan atas dugaan kasus ujaran kebencian terkait pernyataan yang dianggap mengharamkan wayang.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mobilitas Masyarakat Semakin Tinggi, XL Axiata Tingkatkan Kualitas Jaringan di Jalur KRL Yogyakarta–Solo

News
| Selasa, 05 Juli 2022, 04:27 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement