Advertisement

Biar Keren, Orang Jogja Suka Ngaku Asli Jerman & Rumahnya Mewah

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 01 Maret 2022 - 15:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Biar Keren, Orang Jogja Suka Ngaku Asli Jerman & Rumahnya Mewah Suasana Tugu Jogja mulai dipadati warga untuk merayakan pergantian tahun - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Saat ditanya alamat domisili, ada orang yang terang-terangan menyebutkan alamat lengkap rumahnya. Namun ada pula yang lokasi tinggalnya dipelesetkan agar dianggap keren oleh orang lain.

Orang Jogja misalnya, kerap mengatakan rumahnya di Jerman. Namun bukan Jerman yang sesungguhnya, yang merupakan salah satu negara di Benua Eropa. Jerman yang dimaksud adalah jejer Sleman.

Jejer merupakan kata dalam Bahasa Jawa yang artinya berdekatan atau berdampingan. Sehingga Jerman dalam kata jejer Sleman berarti berdekatan dengan Sleman.

Baca juga: Jago Menyingkat Nama, Orang Jogja Juga Ahli Berbahasa Walikan. Begini Rumusnya.

Tidak hanya jejer Sleman, jejer Kauman juga bisa menjadi arti dari kata jerman tersebut.

Selain Jerman ada pula Paris yang merupakan singkatan dari Parangtritis. Ada pula yang menyebut rumahnya mewah. Bukan rumah yang megah dan bernilai tinggi, mewah di sini diartikan mepet sawah atau rumah yang langsung bersebelahan dengan sawah.

Orang Jogja memang dikenal suka menyingkat kata, seperti menyingkat nama jalan. Seperti Jalan Kaliurang menjadi Jakal, Jalan Imogiri menjadi Jaim, Jalan Parangtritis menjadi Japar, Jalan Taman Siswa menjadi Tamsis dan masih banyak lagi. Uniknya, masyarakat cenderung hafal dengan singkatannya daripada kepanjangannya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Alasan Polisi Enggan Beberkan Motif Pembunuhan Brigadir J

News
| Kamis, 11 Agustus 2022, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Jajal Keseruan Flying Fox Ledok Sambi, Solusi bagi yang Malas Lewat Tangga

Wisata
| Kamis, 11 Agustus 2022, 13:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement