Advertisement

Begini Kelanjutan Pemeriksaan Kasus Dugaan Penyiksaan Napi di Lapas Narkotika Jogja 

Yosef Leon
Selasa, 01 Maret 2022 - 18:57 WIB
Bhekti Suryani
Begini Kelanjutan Pemeriksaan Kasus Dugaan Penyiksaan Napi di Lapas Narkotika Jogja  Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Ombudsman RI Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta (ORI DIY) menyebut telah melakukan penyelesaian terhadap draft pertama laporan akhir hasil pemeriksaan (LAHP) mengenai dugaan kekerasan di Lapas Kelas II A Jogja. Dalam waktu dekat, ORI menyebut akan merilis hasil itu kepada publik. 

Kepala ORI Perwakilan DIY, Budhi Masthuri mengatakan, saat ini pihaknya masih mengoreksi lebih lanjut soal LAHP terkait kelanjutan proses investigasi dugaan kekerasan di dalam Lapas Narkotika Jogja itu. Namun sementara ini, pihaknya menyimpulkan bahwa ada dugaan maladministrasi yang dilakukan oleh pengelola Lapas dalam kasus tersebut. 

"Kesimpulannya memang ada maladministrasi dalam kejadian dan kasus itu. Karena memang SOP-nya enggak ada ya, tapi ke depan masih kami selidiki dan koreksi lebih lanjut soal LAHP nya," kata dia, Selasa (1/3/2022). 

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Menurutnya, LAHP tersebut nantinya akan diserahkan ke Kanwil Kemenkumham DIY untuk bahan pengambilan langkah kebijakan soal tindak lanjut dugaan kekerasan di dalam Lapas Narkotika Jogja. Pihaknya berencana untuk merekomendasikan pembenahan SOP tahanan serta manajemen tertentu, agar kasus serupa tidak lagi terulang. 

BACA JUGA: 10 Destinasi Dekat Monumen Serangan Umum 1 Maret Bisa Dijangkau dengan Jalan Kaki

"Memang mesti ada perbaikan di sistemnya. Sehingga saran korektif kami nanti sangat mungkin berkaitan dengan pembenahan manajemen dan sistem Lapas secara terpadu," ujar dia.

Budhi menambahkan bahwa, draf kesimpulan pemeriksaan Ombudsman terhadap dugaan kasus kekerasan di lapas itu akan diselesaikan secepatnya agar bisa menjadi panduan bagi instansi terkait. Sehingga kasus sejumlah mantan narapidana yang mengalami dugaan penyiksaan selama mendekam di Lapas Narkotika Kelas IIA Jogja bisa dibenahi.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Surat Pemecatan Fredy Sambo Sudah Ditandatangani Presiden Jokowi

News
| Jum'at, 30 September 2022, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement