Advertisement

Jangan Samakan Nyi Roro Kidul dangan Nyi Blorong, Ini Bedanya..

Newswire
Jum'at, 04 Maret 2022 - 15:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jangan Samakan Nyi Roro Kidul dangan Nyi Blorong, Ini Bedanya.. Wisatawan sedang menikmati bermain pasir di Pantai Parangtritis. - Harian Jogja/Jumali

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Masyarakat Jawa mengenal sosok Nyi Roro Kidul sebagai ratu laut selatan. Banyak yang menganggap Nyi Roro Kidul sama dengan Nyi Blorong padahal keduanya beda.

Berikut perbedaan kedua sosok legenda mistis itu dilansir dari Okezone--jaringan Harianjogja.com yang dihimpun dari beberapa sumber.

Advertisement

Nyi Roro Kidul

Pantai selatan Jawa selalu dihubungkan dengan keberadaan Nyi Roro Kidul. Masyarakat mempercayai Nyi Roro Kidul merupakan penguasa laut selatan. Nyi Roro Kidul digambarkan sebagai sosok perempuan berparas cantik dengan gaun hijau.

Keberadaan Nyi Roro Kidul memiliki berbagai versi. Pertama, versi yang paling terkenal menyebutkan, Nyi Roro Kidul merupakan salah satu Putri Sunda. Dia disebut sebagai anak dari Prabu Siliwangi ke IV, bernama Putri Kadita.

Saat itu, Prabu Siliwangi khawatir akan keberlangsungan kerajaannya karena tidak memiliki anak laki-laki. Dia kemudian menikah lagi dengan putri bangsawan bernama Dewi Mutiara.

Dari hasil pernikahan tersebut, mereka memiliki anak bernama Putri Kadita.

Namun, Dewi Mutiara menolak kehadiran Putri Kadita dan meminta Prabu Siliwangi untuk mengusir Putri Kadita, namun sang raja menolak. Dewi Mutiara lalu meminta bantuan dari dukun untuk menyingkirkan Putri Kadita.

Baca juga: 6 Candi Hindu di Sleman, Salah Satunya Jadi Pusat Ibadah Dunia

Dewi Mutiara mengusir Putri Kadita karena penyakit kulit yang diderita dapat menyebabkan kesialan.

Putri Kadita sedih serta terluka karena pengusiran dari Dewi Mutiara kemudian pergi ke Samudera Selatan yang airnya sangat jernih.

Saat itu, Putri Kadita mendengar bisikan yang menyuruhnya untuk menceburkan diri ke laut selatan.

Ajaibnya, air laut selatan menyembuhkan penyakit kulit yang diidapnya. Putri Kadita akhirnya menetap di laut selatan dan menjadi dewi yang hidup abadi.

Sedangkan menurut versi yang kedua, disebutkan Nyi Roro Kidul merupakan sosok yang menyelamatkan Kerajaan Mataram dari kehancuran.

Menurut tradisi Mataram, Nyi Roro Kidul merupakan putri Pajajaran yang diusir karena menolak perkawinan. Nyi Roro Kidul dikutuk oleh ayahnya menjadi ratu roh halus di istananya di bawah laut Samudera Hindia.

Dia dapat kembali menjadi manusia jika menikah dengan raja Islam dari tanah Jawa.

Berdasarkan Babad Tanah Jawi, Panembahan Senopati menjalin hubungan dengan Nyi Roro Kidul supaya Mataram mendapat perlindungan dari Nyi Roro Kidul.

Nyi Blorong

Nyi Blorong merupakan sosok berwujud setengah manusia dan setengah hewan. Bagian pinggang ke atas berwujud perempuan cantik. Sedangkan bagian bawah tubuhnya berwujud ular.

Nyi Blorong dipercaya sebagai panglima perang terkuat Nyi Roro Kidul. Nyi Blorong diyakini memiliki kesaktian serta pengikut dari bangsa jin dan makhluk halus.

Selain itu, Nyi Blorong mencari pengikut dari kalangan manusia yang disesatkan dalam tindakan pesugihan untuk dijadikan sebagai budak.

Nyi Blorong berpenampilan menggunakan kebaya berwarna hijau dengan rajutan emas.

Kain panjang tersebut diyakini sebagai perwujudan sosok aslinya yang berupa ular. Dia akan terlihat sangat cantik dan paling sakti ketika bulan purnama tiba.

Konon, Nyi Blorong dapat membantu mendatangkan kekayaan. Setiap Nyi Blorong datang, dia akan meninggalkan kepingan emas dari sisik di tubuhnya, di tempat orang yang meminta pesugihan.

Perjanjian dengan Nyi Blorong memiliki masa kontrak dalam waktu terntentu. Bahkan, Nyi Blorong juga meminta tumbal dalam jangka waktu tertentu yang dipercaya untuk meningkatkan kecantikannya.

Berita ini sudah tayang di Okezone dengan judul "Ternyata Ini Beda Sosok Nyi Roro Kidul dan Nyi Blorong, Legenda Ratu Laut Selatan Jawa"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Polisi Tembak dan Serang DC, APPI Jelaskan Duduk Permasalahannya

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement