Advertisement

PPKM Level 4 Tak Berpengaruh, Semua Objek Wisata di Bantul Tetap Buka

Ujang Hasanudin
Kamis, 10 Maret 2022 - 21:27 WIB
Bhekti Suryani
PPKM Level 4 Tak Berpengaruh, Semua Objek Wisata di Bantul Tetap Buka Wisatawan membajak sawah di Desa Wisata Candran, Bantul - Ist/Dinas Pariwisata Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Pemkab Bantul melalui Dinas Pariwisata memastikan semua objek wisata di Bantul tetap buka meski ada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 dalam pengendalian Covid-19. Pembukaan aktivitas wisata ini untuk menggairahkan perekonomian masyarakat di Bumi Projotamansari.

“Aktivitas wisata sementara masih jalan seperti biasa,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata Bantul, Jati Bayu Broto, saat dihubungi Kamis (10/3/2022). Jati mengatakan sesuai arahan Bupati Bantul Abdul Halim Muslih bahwa aktivitas perekonomian harus tetap jalan dengan protokol kesehatan, namun penanganan Covid-19 juga tetap dilakukan.

Meski semua objek wsiata di Bantul tetap buka, namun Jati meminta semua pelaku wisata untuk mematuhi protokol kesehatan, di antaranya kapasitas pengunjung dibatasi maksimal 25% dari total kapasitas, selalu mengenakan masker, cuci tangan, menjauhi kerumunan, dan juga telah mengikuti vaksinasi.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

BACA JUGA: 17 Awan Panas Dimuntahkan Merapi dalam Semalam, Ini Sumbernya

Untuk objek wsiata pantai diakuinya memang sulit menghitung kapasitas 25%, namun objek wisata pantai cukup luas terutama kawasan Parangtritis hingga Pantai Depok bisa menampung puluhan ribu orang dan wisatawan yang berkunjung tidak berbarengan, melainkan keluar masuk sehingga memungkinkan untuk jaga jarak.

Kendati demikian, pihaknya tetap akan melakukan pengawasan ketat dalam penerapan protokol kesehatan ini, di antaranya dengan menggiatkan tim gabungan posko pengamanan terpadu pariwisata yang anggotanya terdiri dari Dinas Pariwisata, TNI-Polri, Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

“Kami giatkan tim gabungan posko terpadu khusus di kawasan wisata pantai untuk selalu mengingatkan protokol kesehatan tiap Jumat-Minggu. Selain itu penerapan ganjil genap menuju kawasan wisata juga tetap diberlakukan setiap Jumat-Minggu dan hari libur nasional,” ujar Jati.

Kepala Seksi Promosi dan Informasi , Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi, menambahkan sosialisasi protokol kesehatan selain dengan mendatangi langsung wisatawan di lapangan juga dilakukan imbauan-imbauan dengan pengeras suara. Pihaknya juga sudah menambah sarana dan prasarana protokol kesehatan di objek wisata.

Menurutnya meski adanya pemberlakuan PPKM Level 4, namun pengunjung diprediksi akan tetap ada, terlebih adanya penghapusan tes swab PCR maupun antigen bagi pelaku perjalanan. Apalagi sebagian besar masyarakat sudah menjalani vaksinasi Covid-19, “Kami optimistis pengunjung tetap ada,” ujar Markus.

Advertisement

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Ipung ini mengatakan pengunjung harian di kawasan wisata pantai khususnya Pantai Parangtritis untuk hari biasa di kisaran 3.000-4.000 orang, untuk Jumat-Sabtu biasanya pengunjung yang datang sekitar 6.000-7.000 orang. Pada Minggu bisa sampai 12.000 pengunjung, “Kecuali ada libur nasional pengunjung dalam sehari bisa sampai di atas 20.000,” kata Ipung.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyatakan aktivitas pariwisata, perdagangan, industri, dan pertanian tetap jalan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Bantul. Ia khawatir jika aktivitas ekonomi diperketat justeru dampaknya lebih berbahaya.

 

Advertisement

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Rabu, 5 Oktober 2022

News
| Rabu, 05 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement