Advertisement

654 Warga Gunungkidul Terdampak Angin Kencang, Ratusan Orang Masih Mengungsi  

Newswire
Sabtu, 12 Maret 2022 - 14:47 WIB
Bhekti Suryani
654 Warga Gunungkidul Terdampak Angin Kencang, Ratusan Orang Masih Mengungsi   Ilustrasi angin kencang. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencatat sekitar 170 kepala keluarga atau sekitar 654 jiwa di Desa Mulusan, Kecamatan Paliyan, terdampak bencana angin kencang yang melanda di wilayah itu pada Jumat (11/3/2022) sekitar 16.00 WIB.

Pelaksana tugas Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul Sri Suhartanta di Wonosari, Ibu Kota Kabupaten Gunung Kidul, Sabtu, mengatakan berdasarkan data yang dihimpun pusat pengendalian operasi penanggulangan bencana (Pusdalops), bencana angin kencang menerjang empat dusun di Desa Mulusan dengan menyebabkan 105 rumah mengalami kerusakan ringan hingga berat.

Empat dusun terdampak angin kencang, yakni Kenteng dengan jumlah 92 kepala keluarga terdampak, Mulusan sembilan KK terdampak, Watugilang dua KK terdampak dan Karangmiri ada 67 KK terdampak.

"Kondisi terparah di Dusun Karangmiri karena ada 77 rumah yang rusak ringan hingga berat dengan 250 jiwa harus mengungsi sementara," katanya.

Ia mengatakan tim relawan juga sudah mendirikan posko tanggap darurat bencana di Balai Dusun Kenteng untuk tempat mengungsi kegiatan lainnya.

"Kegiatan operasi sudah dilakukan dan akan dilaksanakan evakuasi pohon yang masih menimpa rumah warga dan fasilitas umum dari kemarin hingga selesai," kata Sri Suhartanta.

BACA JUGA: Pesan Mbah Maridjan agar Merapi Ora Nesu Viral Lagi

Kepala Desa Mulusan Supodo menyampaikan angin kencang yang terjadi di wilayahnya terjadi Jumat (11/3/2022) petang sekitar 16.00 WIB. Ia menceritakan angin memutar disertai hujan 10 menit dari utara suara seperti kapal terbang. Ada yang melihat seperti api.

Dampak bencana angin kencang ini menyebabkan 170 KK atau 654 jiwa yang terdampak Selain rumah, ratusan pohon tumbang menimpa rumah maupun menutup akses jalan.

"Untuk evakuasi pohon tumbang yang menutup akses jalan sudah selesai dilakukan relawan. Selain itu di rumah warga juga sudah dibersihkan,"

 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Wow! Ada Gelar Budaya di Kaliurang

Wow! Ada Gelar Budaya di Kaliurang

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Serba Digital! Cek Cara Mendapatkan Sertifikasi Halal Terbaru 2022

News
| Minggu, 14 Agustus 2022, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Pemandangan Tujuh Gunung dari Ngablak Magelang

Wisata
| Jum'at, 12 Agustus 2022, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement