Advertisement

Di Jogjavaganza Kali Ini, Pemkot Jogja Hubungkan Pelaku MICE dengan Klien Potensial

Yosef Leon
Jum'at, 25 Maret 2022 - 22:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Di Jogjavaganza Kali Ini, Pemkot Jogja Hubungkan Pelaku MICE dengan Klien Potensial Suasana Malioboro.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Kegiatan promosi wisata bertajuk Jogjavaganza kembali digelar oleh Pemerintah Kota Jogja. Acara tersebut memasuki tahun kelima pelaksanaan dimana pada tahun ini, Jogjavaganza bakal digelar pada 28-31 Maret 2022 nanti.

"Kami mengundang buyer potensial dari seluruh Indonesia. Namun untuk tahun 2022 kami berinovasi berdasarkan arahan dari Sekda untuk lebih meningkatkan dan mengembangkan MICE," jelas Andrini Wiramawati, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Jogja, Jumat (25/3/2022).

Advertisement

Dikutip Bisnis dari laman Pemerintah Kota Jogja, Jogjavaganza bakal memfasilitasi para pelaku pariwisata yang terdiri dari agen perjalanan wisata, pengelola hotel, restoran, daya tarik wisata, hingga pusat oleh-oleh. Ada 80 klien potensial yang bakal hadir dalam acara tersebut. Perinciannya adalah 40 agen perjalanan wisata di Pulau Jawa, 20 agen perjalanan wisata dari luar Jawa, serta 20 penyelenggara MICE dari Professional Conference Organizer (PCO), kementerian, event organizer, BUMN, dan korporasi.

"Kegiatan Jogjavaganza kami adakan tiap triwulan pertama saat low season. Kegiatan ini diadakan salah satunya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan," jelas Andrini.

Sebagai informasi, jumlah kunjungan wisata di Kota Jogja memang tengah mengalami penurunan. Pandemi Covid-19 menjadi salah satu penyebabnya. Dinas Pariwisata Kota Jogja mencatat, pada tahun 2019, jumlah kunjungan wisatawan bisa menyentuh angka 4,3 juta. Namun, pada tahun 2021, hanya ada 1,2 juta kunjungan wisatawan. Andrini mengungkapkan bahwa Pemerintah Kota Jogja menargetkan 1,4 juta kunjungan wisatawan pada tahun ini.

Aldi Fadhlil Diyanto, Ketua Jogjavaganza 2022 sekaligus Kepala Badan Promosi Pariwisata Kota Yogya (BP2KY), menjelaskan bahwa acara tersebut merupakan pertemuan Business to Business (B2B) yang bakal berjalan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. "Diharapkan Jogjavaganza bisa meningkatkan wisatawan ke Yogyakarta dan ekonomi masyarakat," tambahnya.

Serangkaian kegiatan juga bakal dilaksanakan dalam acara tersebut. Tak hanya mempertemukan pelaku wisata Kota Jogja dengan klien potensial, namun bakal digelar pula kunjungan wisata dengan konsepĀ heritage walk ke Kawasan Malioboro, Kampung Wisata Kauman, Kampung Wisata Sosromenduran, serta Museum Sonobudoyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement