Advertisement

Menpora Dorong DIY Kembangkan Paket Sport Tourism

Sunartono
Sabtu, 26 Maret 2022 - 13:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Menpora Dorong DIY Kembangkan Paket Sport Tourism Menpora Zainudin Amali menyerahkan trofi bergilir kepada panitia lomba senam kreasi, Sabtu (26/3/2022). - Harian Jogja/Sunartono

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mendorong daerah seperti DIY untuk mengembangkan sport tourism. Menurutnya salah satu kelemahan dalam wisata olahraga terkait keterpaduan paket yang disiapkan.

Menpora Zainudin Amali mendorong DIY untuk mengembangkan sport tourism karena memiliki potensi yahg besar. Menurutnya salah satu kelemahan pengembangan wisata jenis ini adalah ketersediaan paket.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Indonesia sangat kaya dengan tempat sport tourism potensi luar biasa DIY apa lagi. Kelemahan kita belum bisa buat paket dengan baik itu dipromosikan ke luar," katanya di sela-sela Lomba Senam Kreasi Gerakan Perempuan Ormas MKGR, di Graha Wani Bakti Yasa, Jalan Kenari, Kota Jogja, Sabtu (26/3/2020).

Kemenpora sudah berusaha menjalin komunikasi dengan Kemenparekraf dalam membuat paket wisata olahraga agar semakin lebih baik dan diminati. Mulai dari diatur soal tiket penginapan kemudian olahraga sampai kuliner, di mana negara lain sudah melakukan program tersebut. Selain itu masyarakat harus disiapkan dalam memberikan layanan dan membuat wisatawan yang datang merasa nyaman.

Baca juga: Menpora: Banyak Pelajar Tidak Bugar, SKJ Perlu Dihidupkan Kembali

"Kami akan dorong daerah yang punya potensi untuk mengembangkan sport tourism, ini lengkap semua olahraga ada," katanya.

Zainudin juga mengimbau masyarakat untuk aktif berolahraga dengan minimal bergerak. Karena bergerak berarti ada pembakaran, sehingga kebugarannya terjaga. Senam kreasi menjadi salah satu olahraga untuk membakar kalori.

"Jika makin banyak masyarakat melakukan seperti kegiatan MKGR ini kami makin senang. Artinya masy kembali lagi mau bergerak setelah dua tahun kena pandemi. Sekarang sudah terkendali, ayo bergerak lagi," ucapnya.

Advertisement

Anggota DPR RI Gandung Pardiman sepakat bahwa potensi olahraga yang ada bisa dikembangkan sebagai sport tourism. Masyarakat harus terus didorong untuk berolahraga minimal dengan senam untuk membakar kalori. Saat ini banyak kelompok senam di DIY.

"Untuk lomba senam kreasi ini diikuti oleh 77 kelompok senam dari seluruh wilayah DIY. Ketentuan lagu untuk senam adalah Sluku Sluku Batok, Gundul Gundul Pacul, dan Gugur Gunung. Peserta akan memperebutkan trofi bergilir Menko Perekonomian Airlangga Hartarto," katanya. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Pekan Ini Jembatan Kretek 2 Diresmikan

Pekan Ini Jembatan Kretek 2 Diresmikan

Jogjapolitan | 11 hours ago

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Naik Status Jadi Awas, Gunung Semeru Alami 22 Kali Letusan

News
| Senin, 05 Desember 2022, 00:47 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement