Advertisement

Jalan Kemasan Kotagede Dibuat Searah

Sirojul Khafid
Senin, 04 April 2022 - 16:07 WIB
Bhekti Suryani
Jalan Kemasan Kotagede Dibuat Searah Suasana Jalan Kemasan di Kemantren Kotagede, Jogja, Senin (4/4/2022)-Harian Jogja - Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Jalan Kemasan, di Kecamatan Kotagede, Jogja dibuat satu arah untuk mobil. Kendaraan mobil hanya bisa melintas dari arah Utara ke Selatan. Uji coba satu arah ini berlangsung sejak awal Ramadan 2022 ini.

Mantri Pamong Praja Kotagede, Komaru Ma’arif, mengatakan, uji coba berlangsung satu bulan penuh selama Ramadan. Upaya ini untuk mengurai kepadatan di jalan yang luasnya tidak sampai lima meter tersebut. Selain itu, pembuatan satu arah juga agar ada ruang untuk parkir di sisi jalan.

"Satu arah khusus untuk mobil. Saat nanti jalannya lancar, bisa efektif dalam pengembangan perekonomian sepanjang jalan ini," kata Komaru, Senin (4/4/2022).

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Selain dalam kesehariannya padat, dalam momen Ramadan Jalan Kemasan juga semakin padat. Banyak pedagang yang menjual takjil. Pembuatan satu arah juga sebagai upaya memberikan ruang bagi para pelaku Usaha Kecil Menengah ini.

"Harapannya semuanya tertib, dari tertib pengguna jalan, tertib parkir, tertib pedagang baik Pedagang Kaki Lima ataupun pasar," kata Komaru. "Nantinya di setiap ruas jalan akan kami bentuk paguyuban pedagang, sehingga koordinasinya akan mudah."

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Jogja, Windarto, mengatakan, momen uji coba selama Ramadan juga untuk menunjukan pada masyarakat apabila alur satu arah bisa membuat jalan lebih lancar. Bagi masyarakat yang ingin membeli takjil, selain bisa drive thru tanpa mengganggu pengguna jalan lain, ruas sebelah Timur juga bisa untuk parkir.

BACA JUGA: Sultan HB X Geram Klithih Kembali Renggut Nyawa 

"Saat Ramadan ini, Jalan Kemasan sedang macet-macetnya, harapannya satu arah ini ke depan akan permanen seterusnya," kata Windarto. "Nanti akan ada evaluasi dan sepertinya masyarakat menyambut baik kebijakan ini."

Di samping itu, dengan ruas jalan yang semakin lebar ini, maka calon pembeli yang hendak mencari produk perak di Kotagede bisa lebih leluasa untuk parkir. Selama ini ruang parkir sedikit banyak menjadi kendala. Padahal produksi perak merupakan salah satu ikon Kota Jogja dan perlu mendapat dukungan.

Advertisement

"Produksi perak merupakan kegiatan lama, dan pembeli tidak ada tempat parkir, harapannya orang bisa parkir dan bisa beli produk perak di sana," kata

Pada Ramadan tahun lalu, Jalan Kemasan juga dibuat searah. Namun tahun lalu hanya untuk sore hari.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pukat UGM Ajak Masyarakat Bersuara Soal RUU Perampasan Aset Negara

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement