Advertisement

Lebaran, Bakal Ada Rekayasa Lalu Lintas di Gunungkidul

David Kurniawan
Kamis, 07 April 2022 - 16:57 WIB
Bhekti Suryani
Lebaran, Bakal Ada Rekayasa Lalu Lintas di Gunungkidul Rekayasa lalu lintas. - Solopo/Nicolous Irawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Dinas Perhubungan Gunungkidul mulai memetakan jalur wisata untuk libur Lebaran tahun ini. Guna mengurangi risiko kecelakaan dilakukan beberapa langkah strategis seperti penyiapan rekayasa arus lalu lintas hingga pemasangan rambu-rambu peringatan di jalur rawan.

Kepala Seksi Pengendalian dan Operasi, Dinas Perhubungan Gunungkidul, Bayu Susilo Aji mengatakan, persiapan menyambut mudik dan libur lebaran mulai dilakukan. Untuk memastikan semua berjalan dengan lancar juga dilakukan koordinasi dengan Satlantas Polres Gunungkidul.

Advertisement

“Kami tidak sendiri karena dalam pelaksanaan juga melibatkan lintas sektor salah satunya dengan tim dari polres,” kata Bayu, Kamis (7/4/2022).

BACA JUGA: 4 Pelajar Anggota Geng Mavrasta yang Hendak Tawuran di Bantul Diringkus Polisi, 2 Orang Kabur Bawa Celurit

Dia menjelaskan, ada beberapa skenario untuk pengamanan khususnya di jalur wisata. Untuk di jalur wisata di kawasan pantai rencananya akan ada rekayasa arus lalu lintas guna mengurangi kepadatan kendaraan.

Sedangkan untuk di jalur-jalur rawan seperti tanjakan esktrem juga dilakukan pemasangan rambu-rambu peringatan. Salah satunya di Tanjakan Bundelan di Kalurahan Jurangjero, Ngawen.

Di lokasi ini dipasang spanduk imbauan untuk kendaraan berat atau bus pariwisata tidak melalui jalur di Bundelan. “Pemasagan dilakukan di jalur atas juga bawah sehingga bisa diketahui pengendara yang melintas,” katanya.

Upaya lain yang dilakukan dengan bekerja sama instansi lain di lingkup pemkab, salah satunya dinas lingkungan hidup. Koordinasi dilaksanakan untuk pemotongan ranting-rantin pohon yang lapuk di pinggir jalan sehingga mengurangi risiko kecelakaan.

“Kami juga mengecek lampu penerangan jalan umum agar berfungsi normal,” katanya.

Menurut dia, jelang Lebaran nanti upaya koordinasi akan diintensifkan sehingga pelaksanaan dapat berjalan dengan aman lancar dan jumlah kecelakaan bisa ditekan. “Semua harus dipersiapkan agar hasil pengamanan bisa maksimal,” katanya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement