Advertisement

Hadapi Lebaran, Pemkab Bantul Fokus Daging Glonggongan

Catur Dwi Janati
Rabu, 06 April 2022 - 19:07 WIB
Arief Junianto
Hadapi Lebaran, Pemkab Bantul Fokus Daging Glonggongan Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Ketersediaan bahan pangan di awal Ramadan diklaim masih aman. Saat mendekati Lebaran nantinya, pengecekan kualitas pangan, khususnya komoditas daging bakal digencarkan. Pengecekan dilakukan mencakup berbagai variabel, termasuk terkait dengan dugaan praktik daging gelonggongan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Joko Waluyo menyampaikan semua sektor pertanian aman saat Ramadan atau menjelang Idulfitri.

Mendekati Idulfitri, Joko menyampaikan adanya potensi kenaikan harga. "Harga daging mungkin ada kenaikan biasanya menghadapi Lebaran, tetapi wajar kenaikannya. Baik itu untuk ternak daging ayam maupun daging sapi," kata Joko, Rabu (6/4/2022). 

BACA JUGA: Tegaskan Perang Sarung Bukan Klithih, Satgas PPA Bantul: Itu Kenakalan Remaja yang Perlu Dibina

Kenaikan harga tersebut merupakan siklus tahunan mendekati Lebaran. Sedankan beberapa hari pasca Lebaran harga tersebut akan kembali turun. 

"Makanya, menghadapi Idulfitri, aktivitas pemotongan sapi meningkat, kebutuhan daging ayam juga meningkat. Otomatis diiikuti harga akan ada kenaikan. Tetapi kami akan lakukan operasi pasar menghadapi Lebaran, jangan sampai kenaikan harganya terlalu signifikan," ucap dia.

Dalam operasi pasar itu, imbuh Joko, selain mengecek harga dan pola distribusi, juga dilakuan pengecekan kualitas daging. "Karena menghadapi Lebaran biasanya kami koordinasi dengan Polres Bantul nmaupun Satpol PP. Jangan sampai daging dari luar masuk ke Bantul, kami antisipasi adanya daging gelonggongan masuk ke Bantul," kata dia.

BACA JUGA: Polisi Bantul Amankan 7 Remaja yang Akan Perang Sarung

Begitu pula dari sisi dokumen, kata Joko, pihaknya akan memeriksa dokumen ternak baik saat pengawasan di lapangan maupun ketika penyembelihan di rumah potong hewan (RPH). 

Sementara untuk daging ayam, beberapa variabel yang diamati tidak jauh beda dengan pemeriksaan daging sapi. 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mobilitas Masyarakat Semakin Tinggi, XL Axiata Tingkatkan Kualitas Jaringan di Jalur KRL Yogyakarta–Solo

News
| Selasa, 05 Juli 2022, 04:27 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement