Advertisement

Ingat! JJLS Ditutup Setiap Sabtu-Minggu Selama Ramadan

Ujang Hasanudin
Jum'at, 08 April 2022 - 13:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ingat! JJLS Ditutup Setiap Sabtu-Minggu Selama Ramadan Kapolres Bantul AKBP Ihsan. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Kepolisian Resor Bantul, Kodim 0729 Bantul dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul sepakat untuk menutup Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) khusus Sabtu dan Minggu selama Ramadan 2443 Hijriah. Penutupan itu dilakukan untuk meminimalisir kerumunan dan juga mengantisipasi terjadinya tindak pidana.

“Bahwa hasil kesepakatan dengan Pemkab dan Kodim khusus di Kapanewon Sanden khusus Sabtu dan Minggu selama Ramadan kita akan tutup JJLS untuk kegiatan masyarakat. Penutupan dilakukan sejak pukul 04.30 WIB sampai pukul 08.00 WIB,” kata Kapolres Bantul, AKBP Ihsan, saat ditemui Jumat (8/4/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Ihsan mengatakan penutupan JJLS tiap Sabtu dan Minggu mengingat pada hari tersebut JJLS dipadati masyarakat yang sebagian besar remaja dan terjadi kerumunan yang sulit dihindari. Padahal DIY dan Bantul pada khususnya masih dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 dalam pengendalian Covid-19.

Selain itu rata-rata kegiatan yang dilakukan di JJLS pada jam tersebut mengarah pada tindakan negatif seperti menyalakan petasan, balapan liar, hingga rawan terjadinya aksi tawuran. Sehingga ia menilai berbagai kegiatan tersebut lebih banyak mudaratnya ketimbang positifnya sehingga opsi untuk menutup JJLS pun dilakukan.

Baca juga: DIY Bertahan di PPKM Level 3, Ini Penyebabnya

“Penutupan JJLS ini pun atas permintaan warga dari sana. Karena yang datang ke JJLS [pada dini hari hingga pagi hari] bukan warga asli sana, tapi ada yang dari kota dari Kulonprogo dan sebagainya,” ujar Ihsan.

“Jadi penutupan JJLS ini atas kesepakatan bersama dan yang meminta justru dari warga sana,” tegas Kapolres.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bantul, Yulius Suharta mengatakan pada hari Minggu lalu memang terjadi peningkatan aktivitas di JJLS. Aktivitas tersebut ada indikasi pelanggaran terkait kelengkapan kendaraan bermotor. Selain itu ada indikasi balap liar dan petasan di JJLS.

Advertisement

Yulius memaparkan selama puasa hingga Hari Raya Idulfitri Tim Penegakkan Hukum Satgas Penanganan Covid-19 Bantul akan terus berpatroli di tempat-tempat yang berpotensi terjadinya pelanggaran, termasuk di kegiatan masyarakat maupun destinasi wisata. Hal itu sesuai perintah dari Wakil Bupati Bantul, Joko Budi Purnomo.

Hasil rapat pada Jumat, pekan lalu, Wakil Bupati Bantul memerintahkan kepada lurah untuk mengaktifkan satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) di masing-masing kalurahan untuk mengantisipasi peningkatan kegiatan, juga pantauan terkait dari sisi ketentraman dan ketertiban umum (Trantibum) dan protokol kesehatan di tiap wilayah.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prediksi Cuaca DIY: Siang dan Malam Berawan

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement