Advertisement

Viral Kereta Api Lewat Depan Teras Rumah di Pengok, Warga Malah Menikmati

Sunartono
Selasa, 12 April 2022 - 10:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Viral Kereta Api Lewat Depan Teras Rumah di Pengok, Warga Malah Menikmati Rel kereta api berdekatan dengan teras rumah warga yang berada di emplasemen Balai Yasa, Pengok, Baciro, Gondokusuman, Kota Jogja, Senin (11/4/2022). - Harian Jogja - Sunartono.\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Sejumlah warganet mengkhawatirkan kondisi warga setelah menyaksikan video viral kereta api yang lewat di depan teras rumah warga di Kampung Pengok, Baciro, Gondokusuman, Kota Jogja. Namun warga justru merasa kehadiran kereta api yang melintas pelan sebagai hiburan.

Salah satu warga Pengok yang sudah tinggal sekitar 40 tahun, Zulnasri menjelaskan kondisi tempat tinggalnya memang berada di area Balai Yasa sebagai tempat perbaikan kereta api, sehingga sewaktu-waktu ada kereta melintas sudah terbiasa. Memang jika dilihat di video sangat dekat antara rumah dengan gerbong yang melintas, tetapi sebenarnya masih ada jarak sekitar dua meter.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Sebagian besar warga sudah terbiasa, bahkan menjadi hiburan dan warga menikmatinya. Selain rel yang satu [untuk bengkel] di sebelah selatan ada rela ganda [untuk tujuan Jakarta-Surabaya],” katanya, Senin (11/4/2022).

Selain itu warga sudah memahami bahwa rel itu sewaktu-waktu ada kereta api melintas sehingga tidak menaruh apa pun di atas rel, salah satunya tidak memarkir motor di area tersebut. Selain itu, ketika akan melintas kereta akan menghidupkan bel panjang sebagai tanda akan melewati kawasan perkampungan Pengok menuju Balai Yasa.

Baca juga: Viral Kereta Api Lewat Depan Teras Rumah di Pengok Jogja, KAI: Sejak Zaman Belanda

“Selama ini seingat saya tidak pernah ada insiden, paling cuma pengendara motor yang jatuh karena licin saat melewati rel, itu pun biasanya pendatang. Kalau warga sekitar sudah hafal cara melewatinya,” ujarnya.

Sebelumnya sebuah video viral memperlihatkan kereta api melaju berhimpitan dengan rumah warga di Pengok, Gondokusuman, Kota Jogja. PT Kereta Api Indonesia (KAI) memastikan kondisi itu masih dalam taraf aman.

Video itu pertama kali diunggah oleh akun TikTok @jooshkiiyevandesta Jumat pekan lalu. Video tersebut viral dan beberapa kali mencapai for your page (FYP) TikTok. Bahkan video tersebut diunggah sejumlah akun bauk du Instagran maupun twitter.

Dalam video tampak kereta api dengan corak warna hijau melintas pelan di depan rumah warga. Adapun rela itu berhimpitan dengan teras rumah warga. Selain itu, posisi rel berada di jalan kampung, tampak pengendara motor menunggu kereta melintas. Hingga Senin (11/4/2022) video itu telah dilihat sebanyak 176.000 kali dan dikomentari lebih dari 15.400 akun.

Saat dimintai konfirmasi Humas PT KAI Daerah Operasi VI DIY Supriyanto mengatakan keberadaan kereta api yang melintas seperti yang tampak di video viral merupakan hal biasa. Karena di lokasi tersebut berada di emplasemen atau kompleks tempat banyak rel kereta sekaligus untuk bongkar muat sarana dan perbaikan.

"Itu berada di emplasemen [Kompleks yang terdiri dari banyak jalur rel kereta api untuk menyimpan, menyortir, atau membongkar muat sarana kereta api dan lokomotif]. Balai Yasa atau bengkel, jadi sejak zaman Belanda ya seperti itu. Itu dari bengkel ke bengkel karena memang berada di emplasmennya bengkel di area tersebut," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Update! Korban Tewas Gempa Turki dan Suriah Sudah Lampaui 5.000 Jiwa

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Kampung Batik Giriloyo yang Sempat Terpuruk Karena Gempa 2006

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement