Advertisement

Bantul Buka Layanan Vaksin Sambil Ngabuburit Plus Dapat Takjil Gratis

Ujang Hasanudin
Selasa, 12 April 2022 - 14:07 WIB
Bhekti Suryani
Bantul Buka Layanan Vaksin Sambil Ngabuburit Plus Dapat Takjil Gratis Ilustrasi vaksinasi Covid-19. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Dinas Kesehatan terus berupaya mempercepat capaian vaksinasi dengan berbagai cara. Selaian layanan vaksinasi di jam kerja, Dinas Kesehatan juga membuka layanan vaksinasi Covid-19 sambil ngabuburit atau sambil menunggu berbuka puasa hingga malam hari.

“Untuk mempercepat vaksinasi kita adakan layanan reguler di puskesmas pada jam kerja. Tapi di beberapa puskesmas juga ada layanan vaksin istilahnya sambil ngabuburit,” kata Kasi Surveilans, Imunisasi, dan Penyehatan Lingkungan, Dinas Kesehatan Bantul,Elina Chrisniati, saat dihubungi Selasa (12/4/2022).

Elina mengatakan vaksin sambil ngabuburit selama Ramadan ini dimulai pukul 17.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB. Untuk dosisnya tiap puskesmas berbeda-beda. Ia menconohkan untuk Puskesmas Pajangan vaksin ngabuburit khusus untuk dosis ketiga atau booster dengan kuota 200 orang dalam sehari.

BACA JUGA: Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo Mulai Merambah ke  Tamanmartani  

Selain mendapatkan vaksin, masyarakat penerima vaksin juga akan mendapatkan takjil atau makanan berbuka puasa secara gratis. Cara mengakses vaksin sambil ngabuburit di Puskesmas Pajangan ini cukup mendaftar melalui s.id/vaksin_pajangan atau lewat kader kesehatan di masing-masing dusun.

Syaratnya adalah usia diatas 18 tahun, membawa kartu tanda penduduk (KTP) atau karu vaksin, sudah mendapatkan vaksin dosis pertama dan kedua dengan jarak minimal tiga bulan, dan tidak sedang terpapar Covid-19 dalam satu bulan terakhir.

Sementara di Puskesmas Imogiri 2, kata Elina, vaksin sambil ngabuburit untuk semua dosis, baik dosis pertama , dosis kedua, maupun booster, “Jadi sejumlah puskesmas punya cara masing-masing untuk mempercepat capaian vaksinasi,” kata dia. Vaksinasi sambil ngabuburit ini diakuinya tidak menghilangkan vaksin reguler pada jam kerja yang biasanya digelar 3-4 kali dalam sepekan.

Tidak hanya itu, Dinas Kesehatan juga menggelar vaksin goes to school. Elina mencontohkan pada 14 April mendatang ada vaksinasi massal untuk booster di Madrasah Aliah Negeri (MAN) 3 Bantul di Jalan Imogiri Timur, Wonokromo, Pleret. Sasarannya adalah guru, karyawan, dan siswa yang sudah berusia di atas 18 tahun, “Kuotanya 500 orang,” ucap Elina.

Elina menyatakan berbagai upaya iu dilakukan untuk mempercepat capaian vaksinasi di Bumi Projotamansari yang masih di bawah 90%. Sementara itu berdasarkan data dari Sistem Informasi Imunisasi Terpadu (Simundu) Dinas Kesehatan Bantul, capaian vaksinasi per 11 April 2022 untuk dosis pertama sebanyak 788.461 orang dari total sasaran 899.352 orang atau 87,67%. Sementara dosis kedua 755.926 dari total sasaran 899.352 orang atau 84,05%. Adapun dosis ketiga atau bosster baru mencapai 104.866 orang dari total sasaran 752.225 orang atau 13,94%.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Wow! Ada Gelar Budaya di Kaliurang

Wow! Ada Gelar Budaya di Kaliurang

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Serba Digital! Cek Cara Mendapatkan Sertifikasi Halal Terbaru 2022

News
| Minggu, 14 Agustus 2022, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Pemandangan Tujuh Gunung dari Ngablak Magelang

Wisata
| Jum'at, 12 Agustus 2022, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement