Advertisement

Wisatawan Bakal Membeludak Saat Libur Lebaran, DIY Antisipasi Parkir Nuthuk

Sunartono
Rabu, 13 April 2022 - 19:52 WIB
Budi Cahyana
Wisatawan Bakal Membeludak Saat Libur Lebaran, DIY Antisipasi Parkir Nuthuk Deretan toko di kawasan Malioboro, Jogja, Rabu (9/2/2022). - Harian Jogja/Maya Herawati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pariwisata DIY mulai mempersiapkan sejumlah strategi untuk memastikan Jogja memberikan rasa aman dan nyaman terhadap wisatawan yang diperkirakan membeludak saat libur Lebaran 2022. Sejumlah persoalan yang diantisipasi antara lain parkir nuthuk, kualitas produk, hingga pencegahan kejahatan jalanan atau lazim disebut klithih.

BACA JUGA: Penjualan Tiket Bus Mudik dan Balik ke Jogja Sudah Naik Dua Kali Lipat

Advertisement

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo menyatakan DIY akan mempersiapkan sebaik mungkin destinasi wisata untuk menyambut pemudik atau wisatawan yang diperkirakan melonjak signifikan saat Lebaran. Dalam waktu dekat, jawatannya akan berkoordinasi dengan kabupaten kota dan pengelola destinasi wisata serta industri untuk memastikan protokol kesehatan diterapkan serius.

“Kami akan upayakan jangan sampai terjadi penumpukan di satu destinasi. Kami mendorong pengelola dan wisatawan untuk menggunakan aplikasi Visiting Jogja untuk reservasi dan pembayaran,” katanya, Rabu (13/4/2022).

Selain soal pencegahan Covid-19, lanjut Singgih, Dinas Pariwisata DIY juga berupaya mencegah kemungkinan terjadinya kekecewaan wisatawan seperti pada kasus wingko berjamur, tukang becak berbohong, hingga parkir nuthuk. Oleh karena itu ia segera melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan DIY untuk menertibkan parkir dan Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah terkait dengan quality control oleh-oleh yang dijual pedagang.

“Supaya wisatawan aman, nyaman selama berkunjung di Jogja,” ucapnya.

Dinas juga berkoordinasi dengan Polda DIY untuk memastikan kepada masyarakat, wisatawan bahwa Jogja aman dikunjungi

BACA JUGA: Begini Strategi Sultan Pulihkan Pariwisata Jogja 

“Kemarin kami sudah koordinasi dengan kepolisian, bagaimana agar isu kejahatan jalanan ini bisa ditepis, ini bagian dari upaya memberikan rasa aman,” ucapnya.

Ia menegaskan Jogja aman untuk wisatawan karena kepolisian sudah bergerak melakukan patroli hingga menuntaskan kasus kejahatan jalanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Listrik, Jumat 27 Januari 2023: Wates dan Wonosari Kena Giliran

News
| Jum'at, 27 Januari 2023, 07:07 WIB

Advertisement

alt

Kemenparekraf Optimistis Jumlah Wisatawan 2023 Naik

Wisata
| Kamis, 26 Januari 2023, 08:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement