Advertisement

Jelang Musim Mudik, Sejumlah Lampu PJU di Kulonprogo Tak Berfungsi

Hafit Yudi Suprobo
Jum'at, 15 April 2022 - 10:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jelang Musim Mudik, Sejumlah Lampu PJU di Kulonprogo Tak Berfungsi Ilustrasi tiang lampu penerang jalan umum (LPJU) - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Sebanyak 12 unit lampu penerangan jalan umum (LPJU) di Kulonprogo yang ada di sejumlah titik jalan nasional Wates-Purworejo tidak berfungsi dengan laik. Dikhawatirkan, jika tidak ada perbaikan maupun penggantian lampu berdampak kepada insiden kecelakaan, terlebih saat jelang masa mudik lebaran 2022.

Kepala UPT Pengelolaan Penerangan Jalan, Dishub Kulonprogo Iswanta mengatakan berdasarkan temuannya di lapangan mati sejumlah LPJU berada di sejumlah titik yakni, dari Tugu Pensil hingga Milir dan Simpang Empat Tambak Triharjo hingga Simpang Tiga Toyan.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Kami telah berkirim surat ke Balai Pengelola Transportasi Darat [BPTD] wilayah V Jateng-DIY yang memiliki kewenangan di jalan nasional. Pemeliharaan lampu dilakukan mulai dari wilayah Sindutan hingga Jembatan Bantar. Pemeliharaan maupun penggantian penting ya apalagi jelang masa mudik lebaran," Iswanta pada Jumat (15/4/2022).

Dikatakan Iswanta, sejumlah faktor melatarbelakangi rusaknya alat penerangan jalan (APJ) di Kulonprogo. Seperti LPJU di sisi utara jembatan Bantar yang padam imbas dari jaringan kabel jenis tanam bermasalah. Serta, APJ yang rusak di selatan Jembatan Sukoreno akibat tragedi kecelakaan truk yang belum diperbaiki.

"Pemeliharaan ini untuk mendukung kelancaran, keamanan dan keselamatan lalu lintas terutama perjalanan arus mudik dan balik lebaran mendatang. Terlebih, perbaikan juga dilakukan pada LPJU di jalan kabupaten khususnya penerangan jalan yang menuju destinasi wisata," kata Iswanta.

Baca juga: Presiden Jokowi: 23 Juta Mobil Pribadi Penuhi Jalur Mudik Lebaran

Jawatannya juga tengah berupaya untuk mengakomodir pemasangan LPJU di sejumlah titik yang totalnya mencapai 95. Yakni, di Jembatan Bantar sisi selatan dengan total mencapai lima unit, Jembatan Bantar hingga Simpang Empat Ngeplang Sentolo 10 unit.

Depan PAC NU Kulonprogo hingga KPP Pratama Wates 15 unit, Simpang Tiga Siluwok hingga SPBU Kedundang Temon 10 unit. Stasiun Sentolo hingga Simpang Empat Ngelo Sentolo 20 unit, Simpang Empat Ngelo hingga Dudukan Sentolo 10 unit, Milir hingga timur Polres Kulonprogo 15 unit yang sebagian sudah ada PJU-TS tapi semuanya mati.

"Kemudian, di depan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Jembatan Timbang Kulwaru hingga SPBU Sogan Wates, SPBU Kalimenur Sentolo hingga Simpang Tiga Kenteng, Sentolo," terang Iswanta.

Sementara itu, Kepala Dishub Kulonprogo, Lucius Bowo Pristiyanto, mengatakan upaya pemantauan kondisi LPJU juga menyasar di wilayah utara Kulonprogo. Upaya perbaikan maupun penggantian, kata Bowo, sudah dilakukan jawatannya secara bertahap sebelum masa mudik libur lebaran.

"Kami juga menyisir di wilayah Samigaluh kemudian turun ke Girimulyo. Setelah itu dilanjutkan ke lainnya secara bertahap," ujar Bowo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Begini Penyebab Parahnya Gempa Bumi di Turki dan Suriah

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Kampung Batik Giriloyo yang Sempat Terpuruk Karena Gempa 2006

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement