Advertisement

Ini Pelaku Wisata di Jogja yang Dilaporkan Sering Nuthuk Harga 

Sirojul Khafid
Senin, 18 April 2022 - 16:07 WIB
Bhekti Suryani
Ini Pelaku Wisata di Jogja yang Dilaporkan Sering Nuthuk Harga  Jalur pedestrian Malioboro, Jogja, Rabu (9/2/2022). - Harian Jogja/Maya Herawati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Pemkot Jogja memanggil sejumlah pihak untuk menindaklanjuti kasus dugaan nuthuk harga oleh tukang becak di Malioboro kepada wisatawan.

Pemanggilan sejumlah pihak kata dia termasuk menekankan agar kasus-kasus nuthuk lainnya tidak kembali terulang.

Pemanggilan dilakukan kepada komunitas masyarakat yang bergerak di bidang pariwisata. Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi mengatakan sudah ada komitmen untuk tidak memaksa penumpang membeli produk di tempat oleh-oleh tertentu, seperti yang terjadi pada kasus terakhir yang melibatkan tukang becak.

Heroe juga menyebut, siapa saja pelaku wisata yang kerap dilaporkan menerapkan harga tak wajar kepada wisatawan.

“Berdasarkan laporan yang sering dilaporkan, [pelaku nuthuk] adalah bentor atau becak mesin, dan sangat jarang becak engkol. Maka kemarin sudah dipanggil, dan diberi sanksi tegas,” kata Heroe, Senin (18/4/2022).

BACA JUGA: Viral karena Mengejek Ade Armando, Dosen UGM Karna Wijaya Mengaku Hanya Bercanda

Para penjual oleh-oleh juga sudah diminta memperbaiki cara penjualannya. Masyarakat sudah mengetahui tempat memperoleh oleh-oleh dari berbagai informasi. Sehingga apabila dipaksakan untuk masuk ke toko tertentu melalui bentor atau lainnya, justru bisa menjadikan toko-toko tertentu tidak dipilih oleh wisatawan.

“Ada banyak tukang becak, andong, dan lainnya yang baik dan memberi layanan yang baik. Begitu juga ada banyak toko oleh-oleh yang selama ini sudah menjadi pilihan dan jujugan para wisatawan karena pelayanan yang baik selama ini. Maka dengan adanya kasus-kasus seperti ini, sebenarnya menjadi kasihan bagi tukang becak, andong, dan toko oleh-oleh yang selama ini sudah memberikan layana baik dan memuaskan. Bisa menjadi korban dari ulah oknum-oknum yang segelintir itu,” katanya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mobilitas Masyarakat Semakin Tinggi, XL Axiata Tingkatkan Kualitas Jaringan di Jalur KRL Yogyakarta–Solo

News
| Selasa, 05 Juli 2022, 04:27 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement