Advertisement

Musim Lebaran, Waspada Jalur di Kulonprogo Ini Rawan Kecelakaan

Hafit Yudi Suprobo
Selasa, 19 April 2022 - 16:27 WIB
Bhekti Suryani
Musim Lebaran, Waspada Jalur di Kulonprogo Ini Rawan Kecelakaan Petugas memangkas pohon di Jalan nasional Wates-Purworejo tepatnya di Sentolo, Kulonprogo, untuk antisipasi jelang arus mudik Lebaran 2022-Harian Jogja - Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Lonjakan arus mudik Lebaran di wilayah Kulonprogo diprediksikan terjadi pada H-3 Lebaran.
Sedangkan, untuk lonjakan arus balik diprediksikan puncaknya berada di h+7 lebaran. Pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi diimbau untuk berhati-hati mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Kepala Dishub Kulonprogo Lucius Bowo Pristiyanto mengatakan prediksi lonjakan arus mudik di wilayah Kulonprogo berdasarkan koordinasi antara sejumlah instansi baik PT KAI Persero DAOP 6 Yogyakarta maupun PT Angkasa Pura I Persero.

Advertisement

"Kalau dari prediksi mereka juga puncak arus mudik itu H-3 atau H-4 ya. Animo masyarakat untuk mudik sudah mulai kelihatan ya. Terlebih, mereka [perseroan] kan juga punya data ya berapa tiket yang sudah habis [sold out]," kata Lucius Bowo saat dikonfirmasi pada Selasa (19/4/2022).

BACA JUGA: Banjir Lahar Hujan di Lereng Merapi, Truk Terkubur di Kali Gendol

Dikatakan Bowo, upaya pemetaan sejumlah ruas jalan yang dinilai rawan kecelakaan sudah dilakukan oleh jawatannya dengan jajaran Satlantas Polres Kulonprogo. Hasilnya, sepanjang jalan nasional Wates-Purworejo dari wilayah Temon sampai dengan Bantar rawan kecelakaan.

"Pemetaan kita atau studi kita itu sepanjang jalan nasional ya [rawan kecelakaan]. Seperti di Simpang Sindutan, depan Pasar Temon, Toyan, Dalangan, Tambak, Durungan, Milir, Kalimenur, Dudukan, sampai dengan Bantar Sentolo. Kemudian, untuk jalan Daendels itu di wilayah Karangwuni," kata Bowo.

Upaya antisipasi kecelakaan kemudian dilaksanakan oleh jawatannya dengan berkoordinasi dengan sejumlah instansi. Seperti, permintaan perbaikan kepada Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional terhadap sejumlah titik jalan yang mengalami kerusakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ada Gerhana Matahari Total 20 April 2023, dari Wilayah Ini Kita Bisa Melihatnya

News
| Sabtu, 28 Januari 2023, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Resmi Dibuka, Ini Wahana Solo Safari Zoo yang Dahulu Taman Taru Jurug

Wisata
| Sabtu, 28 Januari 2023, 08:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement