Advertisement

Waspada! Jelang Lebaran, Kasus Pencurian Mulai Bertebaran di Bantul

Ujang Hasanudin
Rabu, 20 April 2022 - 15:27 WIB
Bhekti Suryani
Waspada! Jelang Lebaran, Kasus Pencurian Mulai Bertebaran di Bantul Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Kepolisian Resor Bantul mengimbau masyarakat untuk lebih waspada terhadap kasus pencurian yang mulai marak menjelang Lebaran ini.

Kapolres Bantul AKBP Ihsan mengatakan kasus-kasus pencurian di jalan maupun di rumah atau toko mulai marak pada saat Ramadan terutama menjelang lebaran. Pelaku biasanya berkeliling mencari target yang lengah atau tidak hati-hati, kemudian mengambil barang atau uang.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Kasus-kasus seperti ini menjadi atensi kami. Ramadan kasus ini pasti sering terjadi, apalagi mendekati lebaran” kata Ihsan, Selasa (19/4/2022).

Modus pencurian berbagai macam mulai dari pecah kaca, menebar paku sehingga ban mobil korban gembos sehingga ketika korban keluar dan melihat ban, pelaku langsung masuk mobil untuk menggasak barang atau uang.

BACA JUGA: Pemubunuhan Sadis di Wirobrajan Terungkap! Ternyata Penyebabnya Sepele

Modus lainnya adalah dengan hipnotis. Dalam kasus hipnotis biasa terjadi di jalan karena itu pihaknya meminta untuk waspada terhadap orang yang tidak dikenal. Selain itu Ihsan juga mengimbau warga Bantul yang akan mudik untuk mengunci pintu rumah dan menitipkan kuncinya ke tetangga atau ke Babhinkamtibmas di wilayah masing-masing.

Pihaknya sudah menyiapkan tim khusus patroli ke kampung-kampung menjelang Lebaran hingga pascalebaran nanti untuk meminimalisir aksi pencurian. Namun Kapolres juga meminta masyarakat untuk menjadi polisi diri sendiri, artinya waspada dan tidak memberikan kesempatan kepada para pelaku untuk melakukan aksinya.

“Karena pencurian bukan terjadi karena niat pelaku tapi karena ada kesempatan juga. Jadi jangan berikan kesempatan kepada para pelaku. Jadilah masyarakat yang selalu waspada,” tegas Ihsan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jasad Pasutri asal Karanganyar Ditemukan Mengapung di Sungai Bengawan

News
| Senin, 30 Januari 2023, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement