Advertisement

Pemda Gunungkidul Siapkan Aplikasi Khusus untuk Pandu Wisatawan

Media Digital
Sabtu, 23 April 2022 - 11:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pemda Gunungkidul Siapkan Aplikasi Khusus untuk Pandu Wisatawan Talkshow Strategi Pemasaran Oke, Wisata Gunungkidul Kian Moncer yang diselenggarakan di HeHa Sky View di Kapanewon Patuk, Kamis (14/4/2022). - Tangkapan layar Youtube Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Sektor pariwisata memiliki pertumbuhan paling bagus di 2021 lalu. Upaya peningkatan layanan terus dilakukan mulai dari penguatan sumber daya manusia hingga penyiapan sarana prasana pendukung di sektor wisata. Salah satunya, penyiapan aplikasi khusus yang bisa memandu para wisatawan.

Wakil Bupati Gunungkidul, Heri Susanto mengatakan, sektor wisata menjadi salah satu unggulan di Kabupaten Gunungkidul yang bisa menjadi daya ungkit peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Hingga sekarang, destinasi pantai masih menjadi idola karena kunjungan wisata masih terpusat di kawasan tersebut.

“Ke depannya ada harapan bisa lebih merata, makanya akan dioptimalkan keberadaan desa-desa wisata. Di Gunungkidul sudah ada 13 desa wisata yang destinasinya masuk ke jaringan Unesco Global Geopark,” kata Heri dalam talkshow Strategi Pemasaran Oke, Wisata Gunungkidul Kian Moncer yang diselenggarakan di HeHa Sky View di Kapanewon Patuk, Kamis (14/4/2022).

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Menurut dia, untuk mengenalkan desa wisata berbagai pendampingan terus dilakukan, salah satunya memberikan edukasi terhadap para pengelola. Tujuannya, agar bisa terwujud wisata berkualitas aman nyaman serta layak dikunjungi.

Baca juga: Pemulihan Perekonomian Sleman melalui Sektor Pariwisata

“Untuk optimalisasi potensi wisata juga butuh sinergi. Salah satunya peran investor, ini juga sudah mulai terlihat dengan dibangunnya hotel di Playen sehingga bisa berdampak terhadap lama kunjungan. Mudah-mudahan setelah itu ada investor lain yang masuk,” katanya.

Menurut dia, langkah lain mengoptimalkan sektor wisata juga sedang mengkaji untuk membuat aplikasi khusus untuk memandu wisatawan. Konsep dari aplikasi membantu wisatawan memilih destinasi pilihan atau paket wisata yang telah tersedia.

“Jadi saat masuk Gunungkidul sudah ada ucapan selamat datang dan ada menu pilihan wisata yang dipilih,” katanya.

Akademisi sekaligus Pelaku Wisata di DIY, Sugiharto mengatakan, potensi di Gunungkidul masih banyak yang bisa dikembangkan mulai dari peninggalan purba hingga ekspedisi alam seperti goa-goa yang jumlahnya mencapai ratusan titik. “Potensinya tidak hanya dari prasejarah, arkeologi, geologi dan bisa dikembangkan menjadi wisata minat khusus, agrowisata dan lain sebagainya,” kata Sugiharto.

Advertisement

Menurut dia, kunci dalam pengembangan terhadap pariwisata adalah inovasi untuk memberikan suguhan kepada pengunjung. “Kuncinya pada akal. Kalau ide it uterus muncul, maka potensi wisata bisa terus dimaksimalkan,” katanya.

Patuh Prokes

General Manager HeHa Sky View, Aprio Rabadi mengatakan, di masa pandemi, pihaknya terus memastikan setiap pengunjung yang datang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). Kepastian ini dibutuhkan guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi setiap pengunjung datang.

Advertisement

“Mau tidak mau harus dilakukan karena pandemi harus diantisipasi dan tentunya wahana yang ada tetap jalan. Jadi, upaya sosialisasi mulai kampanye HeHa buka, tetap aman dan lain sebagainya,” katanya.

Dia menjelaskan, salah satu HeHa Sky View keunggulan yang dimiliki adalah menikmati makanan sambil menikmati pemandangan alam dari perbukitan. “Kalau makanan saja sudah banyak resto, tapi untuk kombinasi menikmati dengan melihat pemandangan ini yang kami tonjolkan,” kata Aprio.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini

Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini

Jogjapolitan | 6 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Soal Nasib PSSI Pasca Tragedi Kanjuruhan? Begini Percakapan Jokowi dengan FIFA

News
| Rabu, 05 Oktober 2022, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement